Search This Blog

Hexatar - Make your own cartoon picture

10 August 2008

Olimpiade dalam Persaingan Bisnis "Internet Search"

Semua search engine besar langsung mengantisipasi ledakan pencarian yang berkaitan dengan Olimpiade di Internet. Yang paling elegan adalah tampilan Microsoft Live.com yang langsung memberi latar belakang image kegiatan Olimpiede, pada saat saya buka yang tampil adalah foto tim balap sepeda Inggris Raya. Tapi tindakan ini membuat loading page Live.com jadi relatif berat.

Kemudian, Live.com, Google dan Yahoo! semuanya menampilkan tampilan hasil search yang sudah dirancang khusus untuk memanjakan pencari dengan berbagai info terkini berkenaan dengan Olimpiade. Live.com serta Google langsung menampilkan urutan medali 3 teratas di baris paling atas dari pencarian apa saja yang berkenaan dengan "olympics". Yahoo tidak, namun di baris teratas muncul kutipan berita terbaru dari halaman Yahoo! Sports yang memiliki halaman khusus liputan Olimpiade. Keyword yang dilayani tidak hanya untuk kata "olympic" dalam bahasa Inggris. Keyword "olimpiade" dalam bahasa kita (yang juga adalah bahasa Prancis, Latin, dll) juga "terlayani".



Khusus Google, mereka membuat halaman tersendiri untuk liputan Olimpiade dengan format ala Google News. Alamatnya di http://www.google.com/landing/summergames2008. Isinya? Sederhana, namun informatif, silahkan lihat sendiri, ada gadget (istilah Google untuk widget) khusus perolehan medali, ada featured video Olimpiade dari YouTube, ada perolehan medali yang dikaitkan dengan Google Maps dan beberapa link berita seputar Olimpiade yang di feed dari Google News.

Kalau soal halaman khusus, Yahoo! jauh lebih lengkap dan informatif, begitu pula situs Microsoft MSN yang bekerja sama dengan NBC. Silahkan cek di alamat berikut ini:
- http://sports.yahoo.com/olympics/beijing
- http://www.nbcolympics.com

Saya akan coba ikuti segala perkembangan... stay in touch...

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...