Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

03 January 2008

Mobile Email, Gmail vs Yahoo!

Beberapa waktu belakangan ini saya cukup aktif mendalami masalah-masalah berkenaan dengan mobile Internet. Sangat menarik, sangat besar peluangnya kedepan, dan masih belum banyak yang betul-betul concern kesana. Dengan sekitar 60 jutaan lebih penduduk Indonesia punya ponsel, lahan ini jelas-jelas terbuka lebar untuk dikembangkan.

Yahoo! dan Gmail adalah 2 raksasa Internet yang sudah lumayan jauh masuk ke dunia mobile. Hampir seluruh produk utama mereka sudah go mobile, termasuk email. Silahkan lihat perbandingan sederhana saya dari sisi tampilan halaman depan mereka berdua. Klik disini.

Dari sisi search, apa boleh buat Yahoo! masih jauh tertinggal. Padahal search untuk ponsel akan sangat berarti karena orang tidak harus terlalu banyak klik untuk mencari materi tertentu. Kalau fasilitas search nya OK, pasti sangat gampang digunakan dan akan disenangi pengguna. Kalau soal search, I'll stick with Gmail Mobile.

Namun masih banyak hal lain yang bisa dicoba, tidak sekedar tampilan depan dan search. Silahkan langsung masuk ke Yahoo! dan Gmail langsung dari ponsel anda. Alamatnya:
  • http://m.yahoo.com
  • http://m.gmail.com
Keduanya dibuat dengan HTML 4.0 yang sering juga disebut WAP 2.0 atau XHTML. Kalau ponsel anda tidak terlalu "jadul" pasti bisa akses. Yang agak lama pun masih bisa, selama kompatibel dengan WAP 2.0.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...