Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

10 April 2008

Mengapa Pilih Blogging di Blogger atau Wordpress?

Banyak teman yang tanya kenapa saya pilih ngeblog di situs gratisan seperti Blogger dan bukan sewa hosting sendiri dengan domain name tersendiri. Pertanyaan yang wajar karena mungkin mereka melihat betapa saya mulai serius menggeluti dunia blog dan melihat jumlah blog posting saya yang sudah lebih 200 judul.

Beberapa hal yang terpikir oleh saya untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah seperti berikut... Kebetulan saya pengguna "serius" dari Blogger (atau sering juga lebih dikenal sebagai Blogspot) dan hanya pengguna "asal lewat" dari Wordpress. Tapi saya pernah ngoprek cukup jauh aplikasi blog Wordpress versi open source, contohnya ada di www.hri.or.id yang di host di server sewaan (saat ini sudah expired). Jadi pandangan saya ini akan lebih banyak mengulas keduanya.

Alasan paling utama, Blogger dan Wordpress bebas iklan. Jadi konotasi "gratisan" yang dulu sering diidentikkan dengan banyaknya iklan tidak relevan bisa langsung dihapuskan. Tidak ada iklan sama sekali dimana kita diwajibkan untuk menayangkannya di blog yang kita miliki. Yang ada hanya top bar tipis yang bagian paling atas dari blog kita yang berisi navigasi yang disediakan mereka, tapi ini bisa dihilangkan dengan mudah seperti yang anda lihat dibagian atas blog saya ini, bersih...

Kemudian aspek backing alias pendukung. Blogger memiliki backing luar biasa kuat dibelakang mereka yang dapat menjamin bahwa layanan ini tidak akan mati cepat, bahkan bisa dikatakan tidak akan pernah mati/bangkrut. Blogger adalah salah satu proyek unggulan milik Google Inc. Dari mana Google dapat uang menyediakan situs blog gratisan bagi jutaan blogger di dunia ini? Jawabnya agak rumit, saya akan tulis lain waktu khusus untuk masalah ini, mudah-mudahan kesampaian. Untuk siapa backing Wordpress, saya belum lakukan riset, mungkin anda punya info?

Jadi, blog kita dijamin tidak akan tiba-tiba hilang dan kita kehilangan seluruh data tulisan blog dan segala atribut didalamnya termasuk statistik dan komentar pengunjung yang sangat berharga. Jika kita menyewa hosting sendiri, bisa jadi kita terlambat bayar sewa tahunan misalnya, hal ini akan mengakibatkan situs blog kita itu terhapus... Rasanya tidak ada yang lebih buruk yang bisa terjadi atas seorang blogger aktif kecuali melihat blognya musnah...

Bayangkan ngeblog sebagai "amal jariyah" bagi umat Islam. Kita sudah meninggal pun, blog kita ini akan terus bertahan. Jika terus dibaca orang dan artikel yang kita tulis membawa manfaat kebaikan bagi pembacanya, insya Allah "pahala" tetap akan mengalir biarpun kita sudah di alam kubur. Luar biasa kan?

Kemudian, lagi-lagi terutama di Blogger, mungkin karena eratnya hubungan search engine Google dengan Blogger (dibawah 1 atap Google Inc.), maka entah disengaja atau tidak, proses crawling oleh GoogleBot untuk dimasukkan ke database search dari Google terasa cepat sekali. Saya tulis blog saya saat ini, dalam waktu kurang dari 30 menit tulisan itu sudah ada di database Google. Ini bisa dibuktikan dengan mencarinya langsung dari Google. Hal ini sangat membantu untuk meningkatkan aksesibilitas publik ke blog kita. Ini juga terjadi dengan saya dimana 80% persen pengunjung yang masuk ke blog ini berasal dari pengunjung yang menemukan blog saya melalui pencarian di Google.

Yang berikutnya, kemudahan mengelolanya. Ibaratnya, "kambing bunting" juga bisa dengan mudah melakukannya, apalagi yang serius... Bahkan keduanya sudah ada versi bahasa Indonesia secara penuh. Jadi akan sangat mengurangi kadar intimidasi atau tekanan pada para blogger pemula yang memiliki bahasa Inggris pas-pasan.

Lainnya? Dukungan komunitas. Keduanya saat ini de facto adalah 2 layanan terdepan dari sisi penggunanya di seluruh dunia. Saya tidak punya data akurat. Artinya ada jutaan orang yang menggelutinya dan sebagian besar adalah orang-orang yang tidak pernah berhenti mengembangkan segala sesuatu yang berkenaan dengan Blogger dan Wordpress. Lihat saja jumlah theme dan template yang bertebaran di Internet yang bisa diambil dengan mudah dan dipasang ke blog kita. Belum lagi berbagai macam forum diskusi dan situs/blog yang didedikasikan khusus untuk membantu para blogger yang memakai Blogger dan Wordpress untuk meningkatkan kualitas blog mereka.

Lalu, apa lagi keunggulan Blogger dan Wordpress? Rasanya masih banyak... namun untuk saat ini cukup hingga disini dulu, saya musti tutup Eee PC saya karena sudah harus bergerak ke tempat lain :-)

Silahkan share juga pendapat dan pengalaman anda yang lain disini...

Tambahan dari pak Setyo Nugroho yang menurut saya sangat bagus dan membuat Wordpress unggul jauh dibanding Blogger:
Pilihan saya jatuh ke wordpress, karena selain cukup populer, dan wordpress juga cukup fleksibel, dalam arti kalau suatu saat saya mau pakai server/hosting sendiri, di wordpress.com tersedia fasilitas export-import, dan juga tersedia software open source wordpress yang bisa didownload dari http://wordpress.org dan diinstall sendiri. Jadi kalau suatu saat saya kangen untuk coding dan mengutak-atik PHP, HTML, dan kawan-kawannya, saya masih bisa melakukannya di luar server wordpress.com.

Written on: Asus Eee PC 4G Black

2 comments:

manggIs... said...

Assalamualaikum Pak Adri...
Info yg menarik yaa...lagian juga perlu ditambahkan bisa dapet duit juga sekalian khan...dari adsense nya...!
Salam kompak slalu...!

setyo said...

Saya sudah pindah lagi dari wordpress pak...:)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...