Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

03 August 2008

Buruknya SEO di Situs Resmi Visit Indonesia 2008

Ketik "indonesia" di Google.com, apa saja yang muncul? Ketik "visit indonesia", situs apa yang paling atas muncul? Coba juga "indonesia bali". Ingat, jangan coba di Google.co.id karena hasilnya akan berbeda, tapi carilah di Goolge.com. Anggaplah yang mencari adalah orang dari luar Indonesia yang ingin mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang Indonesia. Hasilnya? Hanya di keyword "visit indonesia" yang menghasilkan hasil pencarian yang menampilkan situs resmi tahun kunjungan Indonesia 2008 di http://www.my-indonesia.info. Situs ini saya lihat dari hari ke hari semakin atraktif dan lengkap informasinya. Walau sempat diterpa badai karena biaya pembuatannya yang tergolong sangat mahal, namun akhirnya situs ini bisa jalan cukup baik.

Namun keyword yang lain? Tidak satupun menampilkan situs resmi ini. Pertanyaan besar bagi pengelolaa situs my-indonesia.info. Bagaimana bisa situs yang begitu penting di era Internet seperti ini, namun sedikitpun tidak menggunakan prinsip-prinsip SEO (search engine optimization). Harusnya, situs ini dikelola dengan target ketika orang ingin mencari info liburan, situs ini harus muncul di urutan atas di search engine top. Kira-kira menurut saya, setiap keyword seperti "vacation asia", "top tropical beach" atau "borobudur" atau keyword lain yang berhubungan dengan pencarian informasi liburan atau kunjungan wisata, situs ini harusnya bisa muncul di deretan atas.

Kemudian semua pencarian yang berhubungan dengan berkunjung ke Indonesia seperti "how to travel to indonesia", dan semua yang berhubungan dengan tempat di Indonesia misalnya Jakarta, Bandung, dll. Situs ini harus muncul diatas dari search keyword diatas. Bagi saya, uang milyaran rupiah yang dianggarkan harus ditumpahkan ke usaha ini. Kalau sulit masuk melalui trik-trik desain web, bisa bayar untuk muncul di Google AdWords. Situs cari jodoh Indonesia saja berani bayar mahal untuk AdWords, apalagi situs pendukung utama Visit Indonesia 2008.

Perlu bantuan? Saya bisa bantu dengan senang hati...

English notes:
The official site for Visit Indonesia 2008 program run by the Indonesian Tourism Board is lack of depth in implementing SEO principles.

2 comments:

Visit Indonesia said...

Sebegitu burukkah, tapi tetep nomor satu di serp google.co.id.
hehehehehe

Mohamad Adriyanto said...

seperti saya katakan di tulisan diatas, situs resmi tersebut semakin hari semakin baik.

namun bila situs tersebut ingin men-target-kan para pencari info tentang Indonesia dari luar negeri, maka harus bisa muncul di urutan teratas saat dicari di google.com. tidak ada orang dari jepang, usa, australia misalnya yg akan masuk ke google.co.id.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...