Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

28 August 2008

Mengapa Nokia Bisa Tetap Paling Atas?

Tahukah anda seri ponsel Nokia yang paling laku sepanjang zaman? Nokia N95? Salah satu ponsel tercanggih saat ini dan termasuk salah satu ponsel yang paling dicari konsumen belakangan ini? Bukan. N95 terlalu mahal untuk menjadi ponsel terlaku yang dibuat Nokia. Jadi seri yang mana?

Jawabnya adalah Nokia 1100. Berapa banyak terjual? Lebih dari 200 juta unit...! Seri 1100 ini adalah seri paling basic, hanya memiliki fitur sangat dasar, biasa kita sebut sebagai ponsel yang hanya bisa call dan SMS. Namun karena gabungan kesederhanaan, harga super murah, ketahanan dan kesesuaiannya dengan selera pasar lah maka produk ini bisa merajalela dan membuat Nokia menguasai 1/3 pasar ponsel dunia hingga saat ini.

Kalau begitu, anda mau coba Nokia 1100 juga? Produk ini sudah terlalu tua dan tidak ada lagi di pasaran. Awal 2008 ini Nokia menggantinya dengan Nokia 1209 yang dibuat sedemikian rupa sehingga diharapkan bisa mengekor keberhasilan Nokia 1100. Dengan harga hanya Euro 35, di Indonesia dilepas sekitar Rp 400-450 ribu, Nokia 1209 ini hanya memiliki fitur sangat basic untuk call dan SMS saja, warna hanya ada 1 pilihan (biru tua), plus bisa jadi senter yang bisa diandalkan dikala listrik mati :-)

Berikit spesifikasinya: Nokia 1209 specs include dual band EGSM 900/1800 connectivity, built-in flashlight, dust resistant keypad, Series 30 OS, 96×68 CSTN 65K color display, battery with up to 365 hrs of standby and 7hrs talk time, dimensions of 102×44.1×17.5mm, weight 78.95g.

Karena penasaran, saya pun ikut mencobanya. Beberapa jam setelah menggunakannya, saya geleng-geleng kepala... mengapa tidak dari dulu beli produk murah nan bagus ini? Saya sangat jarang menggunakan ponsel saya untuk mengambil foto, memutar musik, koneksi ke Internet, koneksi ke PC, dan fungsi canggih lainnya. Kebanyakan saya hanya menggunakan ponsel untuk call dan SMS. Dulu lebih banyak SMS ketika call masih mahal, sekarang sudah terbalik karena SMS justru lebih ribet dan mahal dibanding call.

Nokia 1209 memberikan semuanya yang saya perlukan. Penampilannya sangat elegan, sepintas seperti sebuah barang yang bukan murahan (walau tidak bisa dikatakan barang mahalan). Sudut-sudutnya mulus, keypad bagus, licin ala glossy, batere tahan lama...

Saya pikir, kalau masyarakat lebih "pintar" memilih barang elektronik semacam ini sesuai kebutuhan, tidak ada alasan untuk tidak membeli produk bagus ini.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...