Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

10 November 2006

Playstation Vs. Xbox, iPod Vs. Zune

Butuh sentuhan seorang jenius untuk menciptakan dan membesarkan temuan seperti Sony Playstation yang fenomenal. Beruntung Sony punya Ken Kutaragi. Ratusan juta unit terjual dan hampir setiap anak (dan orang dewasa) di dunia ini sudah dan ingin memilikinya. Juga butuh jenius seperti Steve Jobs untuk menjadikan iPod ada di kantong jutaan orang dan menjadikannya the hottest product on earth di era awal abad 21 ini.

Tapi tidak perlu kejeniusan yang terlalu hebat untuk membawa Microsoft Xbox mengekor kesuksesan Playstation dan bahkan mungkin suatu saat menaklukkannya. Begitu pula dengan Microsoft Zune yang siap menggebrak pasar yang diciptakan dan didominasi iPod.

Info tambahan sedikit, ternyata tradisi ekor-mengekor Microsoft juga berlanjut ketika mereka meluncurkan versi terbaru dari Virtual Earth/Spaceland yang merupakan tiruan dari Google Earth yang fenomenal. Dan tampaknya produk Microsoft bisa jadi secara teknologi bisa lebih baik. Dukungan finansial juga luar biasa, bayangkan konon katanya Virtual Earth sampai memasang banyak banner raksasa di New York (mahalnya gak terbayang) untuk mengumumkan inovasi terbaru 3D Spaceland nya.

Bill Gates hanya butuh beberapa anak buah pintarnya serta kekuatan finansial Microsoft Corp yang super kuat untuk masuk dan menaklukkan pasar dunia. Kalau perusahaan anda punya USD 53 billion cash yang nganggur seperti Microsoft dan bingung mau diputar untuk apa, jalan termudah adalah mengekor. Tidak perlu gambling dengan selera pasar, tidak perlu dana besar untuk product development, tidak perlu educate market lagi, dll.

Tapi akankah uang segudang dan unlimited budget akan menjadikan suatu produk unggul dan berkuasa? Apalagi kita tahu Playstation dan iPod memiliki maniak penggemar yang luar biasa loyal di seluruh pelosok bumi. Kita lihat saja.

Samarinda, 10 November 2006 (written & uploaded from my Nokia 6600)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...