Search This Blog

Hexatar - Make your own cartoon picture

09 December 2006

Rumahku di Microsoft Virtual Earth

Persaingan di dunia peta online atau bisa juga disebut sebagai map web service semakin panas. Awalnya dirintis oleh penyedia layanan seperti Mapquest, kemudian Yahoo Maps yang masih menggunakan gambar peta biasa. Setelah itu masuk ke era Google Earth dan Gooble Maps yang menggabungkan teknologi foto udara, foto satelit dan GPS untuk menghasilkan hybrid map yang tidak hanya berupa gambar peta kering tapi dikombinasikan dengan presisi super tinggi menjadi info yang sangat bagus. Saat ini juga teknologi 3D mulai masuk seperti yang dipakai oleh Google Earth serta juga Microsoft Virtual Earth. Peta jadi sesuatu yang sama sekali berbeda saat ini...

Di Google Earth bahkan ada menu dimana kita diajak melakukan virtual tour yang sesungguhnya, seperti terbang menggunakan balon udara mengelilingi bimi, masuk ke lokasi-lokasi wisata yang fantastis pemandangannya, hanya via aplikasi online seperti Google Earth. Gambarnya real...

Tidak perlu banyak tulis, kita lihat gambarnya langsung...

Ini adalah contoh peta dari Microsoft Virtual Earth, lihat alamatnya dibawah gambar, kebetulan ini rumahnya adik saya, Arif dan Dewi yang tinggal di Sammamish, WA. Yang ada noktah merah adalah rumahnya. Foto tersebut adalah foto bird-eye view. Katanya sih daerah sekitar Redmond, WA termasuk di lokasi itu, semua sudah diambil foto bird-eye view nya oleh Microsoft, maklum wilayah markasnya sendiri... Gila kan fotonya? Super detail, tepat sekali posisi alamat dengan noktah merah yang diberikan secara computer-generated.

Sekarang kita lihat peta lokasi rumah saya di Akron, OH dibawah ini.

Rumah saya ada dalam suatu apartment complex. Di gambar terlihat di tanda panah merah yang saya buat. Itu menunjuk persis ke apartment saya. Yg berbentuk persegi banyak rumahnya beratap merah adalah kompleks apartment saya itu. Nomornya satu, yaitu 1469. Tapi lihatlah noktah merah yang ditunjuk oleh Virtual Earth, meleset jauh sekitar 500 m. Jadi belum tepat benar. Tapi paling tidak, dengan melihat gambar ini, saya bisa nostalgia ke kenangan indah tinggal disitu selama 2,5 tahun.

Beda gambar di Akron dan Sammamish yang lain? Ya, benar... jenis fotonya. Yang di Akron hanya foto udara aerial biasa, sementara yang di Sammamish bird-eye view. Artinya memang belum semua wilayah USA yang di cover layanan peta online ini punya gambar sedetail di wilayah WA. Tapi ya jauh dari tempat-tempat lain seperti kota Samarinda tempat saya tinggal saat ini yang tidak terlihat sama sekali di Google Earth.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...