Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

04 February 2007

Pertarungan 2 Format Video Baru

Pertarungan 2 format baru DVD sudah masuk ke tahap yang tidak dimungkinkan lagi adanya kesepakatan diantara keduanya. Seperti diketahui format HD-DVD didukung Toshiba, Microsoft, dll serta Blu-ray Disc didukung oleh Sony. Kalau anda ingat pertarungan format video puluhan tahun lalu antara Sony Betamax melawan Panasonic VHS, keadaan saat ini adalah pengulangan dari keadaan yang sama saat itu. Dulu VHS yang menang, sekarang? Siapapun yang menang, masyarakat selalu akan menjadi korban dari pertarungan para raksasa ini. Biaya ekonomi juga akan besar karena banyak pihak akan terpaksa melakukan pembelian ganda, baik player, disc maupun pembuatan content.

Anda mau pilih yang mana? Untuk spesifikasi teknis, dari beberapa review yang sudah sempat saya baca, keduanya memiliki kualitas yang sama saja, baik dari kualitas gambar maupun suara. Jadi pertarungan ini lebih banyak dipicu masalah bisnis. Format yang menang akan membawa keberuntungan bagi pabrik pendukungnya.

Hingga saat ini sudah banyak sekali player yang dijual di pasaran yang mendukung kedua format ini. Yang paling kelihatan adalah Microsoft Xbox yang membawa HD-DVD player didalamnya serta Blu-ray player yang include dalam Sony Playstation 3. Kedua game console itu telah terjual 6 jutaan unit untuk Xbox dan sekitar 1 juta untuk Playstation 3. Jadi penyebarannya akan sangat cepat.

Yang menarik, perseteruan kedua format digital ini agak berbeda dengan pertarungan VHS melawan Betamax dulu. Karena formatnya digital, dimungkinkan adanya 1 player yang mendukung keduanya. LG sudah membuat player yang bisa memutar kedua format ini, namun harganya sama dengan membeli 2 player secara terpisah. Konon katanya dimungkinkan pula merekam content (film, data, dll) kedalam keping yang sama (dalam dua format) dan kemudian keping disc tadi bisa dimainkan di player manapun. Karena sifatnya yang digital, rasanya kemungkinan penggabungan 2 format ini lebih luas.

Sebagai pengguna, saya sarankan untuk menunggu dan tidak tergoda membeli salah satu player. Toh hanya ada sangat sedikit film yang sudah direkam kedalam kedua format ini. Saya yakin pada saatnya nanti kita hanya memerlukan 1 player yang murah untuk dapat menikmati format yang manapun.

1 comment:

Anonymous said...

tambahan info bos...
- hd-dvd didukung toshiba, microsoft, intel, dll
- blu-ray oleh sony dan matsushita/panasonic

bakalan sangat rame krn kalo dulu sony dan matsushita perang antara betamax dan vhs, sekarang bersatu.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...