Search This Blog

Hexatar - Make your own cartoon picture

06 February 2007

Enaknya Edit Foto Online, Masa Depan Cerah Web-based Application

Dulu, kalau mau edit foto, kita hampir selalu akan cari Adobe Photoshop atau banyak program lain yang harus ter-install di PC. Sekarang? Go online, lakukan semuanya dari mana saja. Selama ada sambungan Internet dan PC anda memiliki browser, editing bisa dilakukan. Kekuatiran anda sama dengan kekuatiran saya. sehebat apapun aplikasi yang dibuat, pasti akan lambat karena interaksi dilakukan lewat Internet. Saya mencoba 2 aplikasi online (istilahnya sekarang web-based application service), yang baru muncul dan dipuji banyak pihak di www.picnik.com dan pendahulunya yang sebelumnya dianggap yang terbaik www.pxn8.com. Hasilnya? Puas... Bagus sekali, cepat dan tampilan intuitif dan enak sekali penggunaannya. Bisa sekalian disimpan online lagi...

Pemenangnya tentu saja Picnik. Tampilannya yang cantik membuat kita yakin diri menggunakannya. Berbeda dengan PXN8 yang terkesan agak lambat karena setiap action selalu ada delay untuk me refresh halamannya. Picnic tidak, kita seakan-akan bekerja sendiri karena kecepatan proses yang tinggi. Kelihatannya Picnik menggunakan banyak temporary file yang di download diawal session, kemudian dipakai selanjutnya sehingga lebih cepat.

Beda berikutnya Picnic tidak gratis, tapi bayar langganan. PXN8 memakai iklan, tapi penggunaannya gratis. Keduanya apabila selesai melakukan pekerjaan, file hasil editing bisa langsung dimasukkan ke Yahoo! Flickr. Enak kan?

Anda lihat juga Google web-based application http://docs.google.com/ yang sudah cukup jauh setelah Google mencaplok perusahaan start up Writely yang membuat aplikasi bagus untuk word processing dan spreadsheet berbasis web. Coba sendiri biar bisa merasakan. Menurut saya, apa boleh buat Microfost Office masih terlalu jauh memimpin, bahkan untuk tugas-tugas yang sangat sederhana sekalipun. Tapi saya percaya, web based Office application akan punya masa depan cerah.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...