Search This Blog

Hexatar - Make your own cartoon picture

22 August 2007

Ketika Citibank Ternyata GAPTEK

Sudah lama saya ingin punya kartu kredit Citibank lagi setelah beberapa tahun lalu expired dan tidak diperpanjang. Karena berada di daerah terpencil dan banyak melakukan koneksi ke Internet, saya memutuskan masuk ke www.citibank.co.id untuk mencari info. Ternyata situs ini sudah beda dengan situs sama yang pernah saya masuki beberapa waktu yang lalu. Bisa apply online. Pas hari ini saya masuk, kebetulan ada paket bonus untuk aplikasi yang didaftar secara online, 1 year free annual fee, serta berhadiah MP3 player bagi yang disetujui.

Tanpa pikir panjang saya mencoba daftar. Begitu masuk ke page 1 dari beberapa seri formulir, saya langsung menemukan kejanggalan, kota tempat saya tinggal Samarinda ternyata tidak ada dalam dropdown menu untuk nama kota, setelah melihat list nama kota yang sangat sedikit itu, tampaknya hanya berisi kota di Jawa dan Bali saja. Tapi hal ini sedikitpun tidak disebutkan di situs. Wait... tapi mengapa ada Binjai? Setahu saya ini di Sumatera. Ya... sudahlah, berarti saya tidak bisa.

Iseng-iseng saya teruskan isi dan ikuti proses ini untuk mengetahui seberapa rapi desain online milik perusahaan besar ini. Ternyata... hik... mustinya CIO Citibank Indonesia mundur saja. Masak buat formulir sederhana saja tidak becus?

Terpaksa saya buat sedikit 101 Web Design, siapa tahu dibaca oleh CIOnya. Berikut kekonyolan yang biasanya dibuat oleh pemula dalam web design dan terjadi di www.citibank.co.id:

(1) Kecuali anda punya daftar lengkap seluruh kota di Jawa dan Bali, silahkan buat dropdown menu, tapi kalau tidak, mending buat kolom bebas. Kalau memang hanya terbatas Jawa dan Bali, apa yang harus diisi oleh calon pendaftar dari Magelang yang tidak masuk disitu?



(2) Fuiiih... saya tidak menemukan "nature of business" dari lembaga tempat saya bekerja: Education. Kalau education saja yang sangat biasa ternyata lewat/luput, bagaimana yang lain?



(3) Please... jika ada pertanyaan yang bisa dijawab dengan berbagai format seperti jumlah uang, kode area telpon, durasi waktu, BERILAH CARA MENGISI yang jelas, kangan biarkan pengisi menebak-nebak.


(4) What is this? Stupid message! Saya tidak tahu apa yang dimaksud, akhirnya saya sama sekali tidak bisa melanjutkan ke page berikutnya, stucked disini. Pesan ini muncul terus...



Mohon maaf... just a critic.

2 comments:

Anonymous said...

sori bos, developer outsourcenya kejar tayang. dapetin contoh form yg mau dipake buat input user aja lama bgt ... hehehehe.

/me not citibank.co.id developer

ps. untuk pilihan bisnis, rata2 korporasi emang memaksa milih dari yg kecil itu. kalo gak ada? nembak aja. coba aja register di ibm.com, hp.com. cape deeh ...

saleinquiry said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...