Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

16 January 2008

Macworld 2008, “Something in the Air”

Steve Jobs dan Apple selalu menarik untuk diikuti. Jobs seakan-akan telah menjadi simbol dari kemajuan IT yang simpel dan laku dijual. Salah satu acara ritual tahunan Apple yang selalu jadi barometer perkembangan dunia IT adalah acara Macworld yang selalu dilangsungkan awal tahun.

Tahun 2007 iPhone diluncurkan di ajang ini. Sebelumnya, lupa tahun berapa iPod juga meledak setelah diperkenalkan di event ini. Tahun ini? Tidak seistimewa tahun 2007 dengan iPhone, tahun ini Jobs naik panggung merilis beberapa produk. Yang diandalkan adalah MacBook Air, apa ini? Laptop tertipis di dunia, hasil kerja bareng otak brilian Steve Jobs, tim Apple dan tim Intel. Harganya? USD 1800. Kira-kira bakal laku? Only God knows...

Yang lain? iTunes 7.6. Bagi yang tidak tahu, ini adalah software multimedia management yang bisa jalan baik di Mac maupun Windows. Meledak ketika iPod berjaya dan orang dapat dengan mudah membeli lagu online seharga 99 sen per lagu, dan langsung dimasukkan ke iPod. Pada saat menghubungkan MP3 player ke PC masih agak ribet, Apple menciptakan aplikasi yang sangat mudah ini. Di versi 7.6 ada apa yang baru? Movie rental? He3... barang apa ini? Saya belum tahu detail, tapi konsep dasarnya adalah memanfaatkan akses broadband untuk menonton film yang disewa langsung dari server Apple. Langsung ditonton menggunakan Apple TV console box, bisa dikoneksikan ke 5 PC atau TV dan audio system di rumah. Download atau streaming? Bentar saya cari info dulu.. :-)

Yang lain? Apple Time Capsule? Apa ini? Mau travel back in time? He3... ternyata bukan. Ini alat backup PC/laptop. Jadi aktivitas backup dibuat sangat mudah dengan alat ini. Kemungkinan besar ada hardware kecil, mungkin external hardisk, plus aplikasi yang nempel di Mac OS nya untuk melakukan backup dengan hanya beberapa kali klik saja. Detailnya juga belum sempat baca. Tapi kita lihat betapa simpelnya pemikiran Jobs, orang kesulitan mengikuti prosedur backup yang ada saat ini, dia ciptakan alat/sistem yang mudah...

Update: Ternyata Time Capsule adalah sebuah wireless access point yang sebelumnya oleh Apple diberi nama Airport, kemudian ditambah hardisk sebesar 500GB dan 1TB. Jadi dari manapun secara wireless, proses backup bisa dilakukan. Harganya? Yg 500GB USD 299, sedangkan yang 1TB USD 499. 1TB??? OK sekali lah... guede... selama ini hardisk sebesar itu hanya terpikir untuk ditaruh di server, sekarang bisa dibeli murah untuk ditaruh di rumah :-)

Yang hangat lainnya? Ada satu lagi... EA, Electronic Arts, pembuat game top dunia akhirnya mau mulai mengeluarkan game barunya "Spore" langsung dalam 2 versi Windows dan Mac. Kenapa hangat? Karena selama ini game developer malas melirik pengguna Mac yang masih sangat sedikit. Kalaupun mereka merilis game versi Mac, biasanya dikeluarkan berbulan-bulan setelah versi Windows muncul.

Anda pengguna Mac? Hampir pasti bukan, ya kan? Saya pengguna Mac? Bukan juga :-) Kenapa saya senang mengikuti perkembangan Apple? Ya karena mau lihat sepak terjangnya Steve Jobs saja... plus Apple emang cool a keren...

Silahkan search Macworld 2008 untuk mendapat coverage lengkapnya. Hampir semua media top IT meliputnya, full power, sebagian besar media mengirimkan reporter-reporter topnya untuk meliput Macworld tiap tahun...

3 comments:

Yusuf said...

Iya, dah lama ngidam macbook nih. Liat punya temen, asik and canggih punya. Sekiranya jadi beli, kira-kira driver hardware diIndonesia kompatible nggak ya?

avianto said...

Saya pengguna. Ayo, jangan jadi pengamat di luar lapangan saja ;).

Mohamad Adriyanto said...

mas avianto, bukan saya gak mau jadi pengguna... tapi mahalnya itu loh... bukan hanya first entry utk beli hardware nya, tapi nxt nya utk beli software aslinya itu loh... :-) tapi someday, ketika rezeki berlimpah, saya pasti akan jadi pengguna juga, at least iPod classic :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...