Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

24 February 2008

MyPulau, Mobile Blogging dari Telkomsel

Secara teknis, tidaklah sederhana membuat layanan seperti ini, lihat di www.mypulau.com namun melihat keberhasilannya, ada rasa sedih bahwa sangat sedikit yang memanfaatkannya. Layanan ini memperlihatkan betapa Telkomsel sebagai pemimpin mutlak pasar seluler Indonesia terlihat bingung mencari gabungan teknologi yang pas agar bisa semudah mungkin menarik minat pemakai tanpa harus kehilangan potensi sumber pemasukan uang.

Dipakailah gabungan antara perintah-perintah SMS yang selalu mengingatkan saya atas perintah-perintah teks DOS di zaman baheula dulu, dengan teknologi berbasis web yang menawarkan banyak fitur lain. Jadi, posting foto, menulis isi blog, menulis guest book di blog orang lain, semua dilakukan dengan menggunakan SMS dan perintah yang berusaha dibuat sesingkat mungkin, namun tetap saja susah dihafal.

Melihat blog? Ya dari website yang juga hanya bisa dimasuki dengan nomor ponsel dan password khusus untuk pelanggan Telkomsel saja. Dari ponsel bisa? Dijamin tampilannya hancur, itupun apabila diakses dari ponsel dengan browser yang canggih. Browser jadul? Jangan coba-coba akses :-)

Lalu, untuk apa layanan ini dibuat? Akses melihat karya-karya blog yang ada sangat terbatas, perintah-perintah SMS yang harus diketik membuat blogger harus selalu menenteng-nenteng brosurnya kemana saja.

Saya yakin bahwa designer program ini pasti memiliki kemampuan untuk membuat layanan ini menjadi layanan yang betul-betul bisa meledak di kalangan pengguna ponsel Indonesia yang sudah mnendekati angka 100 juta orang. Namun entah kenapa, mereka seperti dibatasi oleh banyak hal. Atau mungkin memang pengguna ponsel kita belum siap memulai pemanfaatan layanan-layanan lebih lanjut semacam ini.

Silahkan lihat www.atom.web.id yang tampaknya lebih punya banyak kemerdekaan dalam membuatnya. Atau silahkan pakai mobile blogging dari Blogger.com yang jauh lebih simpel dan jelas kegunaannya (lihat ulasan saya di tulisan lama ini).

2 comments:

javamojo said...

Kalau kita lihat dari fitur-fitur nya, saya rasa site ini sangat bagus sekali. Selain fiturnya tidak kalah dengan buatan luar, interfacenya juga sangat mudah dimengerti oleh yang gaptek sekalipun.

Mulai dari kirim foto lewat MMS, sampai mengisi Diary lewat SMS, juga membuat Community sendiri layaknya layanan forum yang menjarum di Internet.

Mungkin kita lebih ke sisi positifnya, kita orang Indonesia lebih dapat mengekspresikan diri daripada tetangga kita di Malaysia. Di Indonesia mulai dari pemerintah sampai dengan perusahaan besar seperti Telkomsel, mendukung Blogger seutuhnya.

Betul pasar selular di Indonesia jauh melebihi penetrasi Internet di bumi tercinta ini. Berasal dari sini mungkin Telkomsel sebagai market leader berupaya untuk menjembatani WEB dan Mobile.

Dan lagi apabila posting di blogger ataupun wordpress, tetap saja posting kita 'disimpan' di luar, tidak bertuan. Kalo di MyPulau (MP) kalau ada apa-apa, kita bisa ke Telkomsel.. hehehe

infogue said...

Betul, fitur-fiturnya sangat bagus dan mudah dimengerti oleh khalayak umum.

http://infogue.com/bisnis_keuangan/mypulau_mobile_blogging_dari_telkomsel/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...