Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

06 July 2008

Asus Eee PC Baru Rp 2,7 juta

Di sebuah pameran komputer back to school di ITC Surabaya, saya diberitahu bahwa harga UMPC (ultra mobile PC) Asus Eee PC layar ukuran 7-inch sudah jatuh ke harga sangat rendah, hanya Rp 2,7 juta (belum saya ketahui yang versi mana). Kalau dilihat dari sisi ide awal munculnya segmen ini yaitu untuk memberikan keterjangkauan para siswa sekolah di negara berkembang untuk memiliki laptop, rasanya titik harga ini sudah sangat mendekati terjangkau. Luar biasa...

Pada saat bersamaan Asus Eee PC 901 ternyata sudah muncul. Ini adalah versi 9-inch namun menggunakan processor baru dari Intel yang memang dikhususkan untuk produk mobile seperti ini, namanya Intel Atom CPU. Namun dari laporan CNET, kecepatan processor baru ini justru lebih lambat dari Celeron 900 di 2 versi awal.

Namun bila dilihat dari sisi kejatuhan harga yang cukup signifikan dari harga awal USD 299, maka jadi pertanyaan juga, kenapa bisa jatuh dalam kurun waktu sangat singkat? Product life cycle nya jadi terasa sangat pendek, hanya sekitar 1 tahun sejak peluncuran, merugikan bagi customer setia yang membeli awal. Menurut saya ini salah Asus sendiri yang terlalu terburu-buru meluncurkan versi baru berlayar 9-inch. Saya sendiri bingung mau melepas Eee PC milik saya yang baru saya miliki beberapa bulan, tapi ingin ganti ke versi 9-inch. Mau dijual terlalu jatuh harganya. Padahal saya beli beberapa bulan lalu, harganya masih Rp 4,35 juta.



Berikut data review dari CNET tentang Asus Eee PC 901 (harga belum diketahui):

Asus Eee PC 901 (Windows XP)

Editors' rating: 7.8

The good: Much-improved battery life; new mouse and quick-launch buttons; still highly portable and reasonably priced.

The bad: New Atom CPU is slower than previous Celeron Eee PC, slightly bigger than the Eee 900; price is creeping up to the full-size laptop range.

The bottom line: The long-awaited Asus Eee PC 901 is the best version of this inexpensive Netbook yet, but it's facing increased competition from the likes of HP, Dell, and MSI.


1 comment:

Anonymous said...

perlu diketahui bahwa harga yg segitu itu adalah versi 2G, bukan 4g seperti yang dimiliki bapak

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...