Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

11 June 2008

iPhone 3G Meluncur Mid Juli, Harga USD 199

Bagi yang mimpi mau punya Apple iPhone dengan harga terjangkau, tampaknya mimpi anda akan pelan-pelan terwujud. Steve Jobs dalam pemunculan opening speech di WWDC 2008 beberapa hari lalu jelas menyatakan bahwa masalah penurunan harga sehingga iPhone bisa masuk kategori terjangkau adalah salah satu prioritasnya. Ponsel revolusioner yang banyak disebut "merubah ponsel selamanya" ini memang sungguh luar biasa, dalam waktu singkat sudah terjual 6 juta unit sejak diluncurkan tahun lalu. Hasil survey customer menyatakan bahwa 90% penggunanya puas. Suatu angka yang tentu saja hebat, dan ini memang keunggulan tak terkalahkan produk-produk Apple (baca Steve Jobs sebagai otaknya). Baca update mid-2009 tentang iPhone 3G.


OK, back to business. Jobs bilang bahwa launching iPhone 3G akan dilakukan paling cepat 11 Juli 2008 di 20-an negara secara serentak. Ada apa saja yang baru di versi 3G ini? Tentu saja kemampuan memakai jaringan 3G yang diklaim oleh Jobs 36% lebih cepat dalam browsing Internet dibanding Nokia N95 dan Treo 750. Kemudian ada GPS presisi tinggi, batere baru yang tahan 300 jam stand-by, dan akhirnya OS versi 2.0 yang memungkinkan masuknya aplikasi-aplikasi pihak ketiga (ini yang bakal membuat iPhone semakin meledak hebohnya).

Heboh berikutnya adalah harga... Dengan harga peluncuran iPhone pertama USD 599, kemudian diturunkan ke USD 399, maka harga versi 3G ini malah terbalik dan semakin dibanting. Versi 8GB dibanting ke USD 199 (kurang dari Rp 2 juta), versi 16 GB USD 299. Gimana? Kalau masuk Indonesia resmi, saya sarankan langsung beli. Ini produk premium... Revolusi ponsel dan computing yang luar biasa bagus. Mudah-mudahan Indonesia masuk kedalam 20-an negara yang secara resmi akan dijadikan negara pertama peluncuran iPhone 3G ini. Sebagai info saja, Cina pasti tidak masuk... Heran juga, produsen lain ramai-ramai masuk Cina, Apple malah mengulur waktu, mungkin ada strategi khusus...

Lihat foto saat Steve Jobs dengan gaya standardnya yang sangat terkenal, memperkenalkan iPhone dan melakukan speedtest langsung on stage.

Update:
Salah satu hal yang kemungkinan bisa membuat harga iPhone turun jauh sekali adalah karena iPhone membuka peluang bagi pihak ketiga untuk membuat aplikasi-aplikasi iPhone. Namun tidak seperti Symbian yang dibuka begitu saja, Apple tampaknya akan menerapkan pola mekanisme seperti dalam dunia game console seperti Xbox dan Playstation. Jadi pembuat console bisa banting harga jual console nya, namun mereka dapat banyak pemasukan uang dari penjualan game yang dibuat oleh developer pihak ketiga. Ini bisa terjadi bila iPhone di lock agar tidak bisa dimasuki aplikasi pihak ketiga, kecuali yang sudah disetujui oleh Apple. Jadi Apple akan mendapat royalti dari setiap unit aplikasi yang terjual dari pihak ketiga. Kemungkinan skema inilah yang bisa mensubsidi harga jual menjadi lebih rendah. Dari pidato Steve Jobs saat itu, game tampaknya dijual sekitar USD 10 per copy. Bagus juga cara pikirnya...

Info lain, silahkan cek via Google, infonya banyak sekali, saya hanya menyampaikan poin-poin menarik dari pandangan saya. Jangan lupa juga untuk mengunjungi website Apple yang sangat menarik dan penjelasannya sangat gamblang di http://apple.com.



Update:
Akhirnya 11 Juli ini, diluncurkan juga iPhone 2.0 di USA. Tampaknya cukup crowded, tidak hanya dr sisi antrian fisik yang mau beli, tapi juga antrian untuk aktivasi online.

Info dari Arif di Seatle, USA, perbedaan mendasar dari iPhone versi awal dengan yang sekarang ada di proses aktivasi. Yang dulu, aktivasi bisa tidak dilakukan. Jadi user hanya go online, unlock, kemudian iPhone bisa dibawa keluar dan bahkan diganti operatornya. Inilah versi yang beredar di Indonesia.

Namun katanya saat ini proses dirubah. Aktivasi dilakukan di tempat pembelian (in-store activation). Pembeli HARUS subscribe ke AT&T utk paket 2 tahun (minimal sekitar USD 50/bulan), kalau berhenti didalam 2 tahun itu, pelanggan akan kena penalti besar. Jadi mungkin inilah faktor yang membuat secara keseluruhan angka harga USD 199 itu "palsu". Ongkos yang harus dikeluarkan pelanggan jauh lebih tinggi dari itu, apalagi pelanggan yang mau membawa iPhone keluar USA.

Aktivasi di toko inilah yang membuat pelayanan pembelian jadi cukup lama, 1 pembeli butuh sekitar 10-15 menit (laporan CNET) yang mengakibatkan antrian di hari peluncuran iPhone tampah parah. Walau tidak seheboh tahun lalu, namun antrian tahun ini katanya cukup panjang.

Kacaunya lagi, server aktivasi AT&T crashed saat peluncuran, perlu beberapa waktu untuk mengaktifkan server backup, hebat juga ceritanya nih.. Kemudian muncul lagi staement by email dari AT&T bahwa server mereka sudah up, tapi yang mendapat gangguan berikut adalah server iTunes. Pembeli iPhone baru katanya langsung melakukan sync ke server dan PC mereka di rumah, ini menyebabkan gangguan di server iTunes. Hah... akal-akalan mereka saja, yang jelas menurut saya, mereka tidak siap menghadapi peluncuran ini.

Belum ada kabar hingga 2 hari setelah peluncuran tentang bug atau error lain...

Ikuti terus perkembangan teknologi Apple di blog ini dalam kategori khusus "Apple".



Update:

Bagi para pemilik iPhone generasi pertama yang diluncurkan tahun lalu, Apple menjanjikan mereka untuk bisa mendownload dan mengupdate software mereka dari versi 1 menjadi versi 2. Namun laporan dari CNET menyebutkan bahwa hal ini tidak tersedia secara online di situs Apple (hingga hari Jumat 11 Juli 2008 yang dijanjikan, persis saat peluncuran Apple iPhone 3G veris 2.0). Ini juga salah satu contoh betapa Apple yang hebat itu pun punya banyak problem internal :-(

Update per 23 Juli 2008:
Laporan penjualan dan performa keuangan Apple di tiga bulan pertama 2008 (third quarter 2007/2008) yang ternyata luar biasa. Lebih dari 700 ribu iPod terjual, 25 juta aplikasi iPhone telah terjual dari App Store. Plus info kinerja luar biasa iPod dan isu hengkangnya Steve Jobs dari Apple.
Apple announced fiscal third quarter revenues of $7.46 billion and net quarterly profit of $1.07 billion, beating analyst expectations on the strength of quarterly iPhone sales in excess of 700,000 (up from 270,000 in the year-ago quarter) and iPod sales of more than 11 million (a 12 percent unit growth over a year ago). Apple added that international sales accounted for 42 percent of the quarter's revenue. However, the computing giant forecast fourth quarter revenues of $7.8 billion and earnings per diluted share of $1, both below analyst expectations. CEO Steve Jobs' health is also the subject of much discussion since he appeared at Apple's recent Worldwide Developers Conference looking gaunt. "Steve's health is a private matter," said Apple COO Tim Cook during Monday's earnings call, adding that Jobs has no plans to leave the firm. On a more upbeat note, Apple said iPhone owners have now downloaded more than 25 million applications from the App Store. (Fierce Mobile 22 July 2008)

Update:
Berikut berita dari Detikinet 22 Juli 2008 tentang iPhone yang langka dan dijual di eBay dengan harga selangit.
Jadi Rebutan, iPhone 3G Ditawar Hingga USD 2.325

Daya pikat iPhone 3G sungguh luar biasa. Banyak orang yang mendambakan dapat menimang smartphone besutan Apple tersebut. Namun, karena stoknya terbatas, banyak juga yang harus menelan kekecewaan karena tidak mendapatkannya.

Maka tak heran saat eBay melelang iPhone 3G, antusiasme penawar begitu luar biasa. Penawaran untuk iPhone 3G versi 16 GB melampaui angka USD 1.000, dan berakhir pada harga USD 2.325. Sedangkan untuk iPhone 3G versi 8GB berkisar antara USD 800-900.

Padahal untuk harga normal, iPhone 3G versi 16 GB dibanderol seharga USD 299 di Amerika Serikat dan untuk versi 8GB senilai USD 199.

Ada hal menarik dalam proses lelang ini. Salah satu penawar potensial, yang sepertinya berasal dari Indonesia, mengajukan pertanyaan apakah iPhone tersebut dapat dikirimkan ke Indonesia.

Memang iPhone 3G belum menjejakkan kaki di Indonesia. Saat ini smartphone tersebut baru dijual di 20 negara, tapi Apple berharap nantinya dapat menjangkau hingga 70 negara, demikian seperti dikutip detikINET dari PCWorld, Selasa (22/7/2008).



Peluncuran iPhone generasi terbaru ini terbilang sukses. Terbukti, pada minggu pertama memulai debutnya, iPhone 3G sukses terjual lebih dari satu juta unit.
Diketik menggunakan Asus Eee PC 4G Black

33 comments:

kecebongsoft said...

saya lagi cari gadget juga, sebenarnya sempat berpaling dari iPhone karena sebelumnya perangkat ini tidak punya GPS dan harus menunggu lama untuk bisa menggunakan jaringan telkomsel (saat itu cuma bisa AT&T). Tapi kayaknya mulai naksir lagi nih.

Tapi kurang sreg juga kalau iPhone nggak ada keyboardnya. Sempat ngelirik SE eXperia X11 kemarin karena punya GPS dan keyboard. Tapi harganya juga lumayan.

Mohamad Adriyanto said...

kalo masuk malaysia, langsung ambil :-) atau mungkin bisa indent dulu di apple store terdekat. dibanding nokia n95 misalnya, menurut saya jauh sekali, n95 mahal sekali, banyak fitur berlebihan...

experia??? sudah launch? kalo gak salah masih bbrp bulan lagi... harganya itu lo... berapa ya? prediksi saya diatas $400.

Mohamad Adriyanto said...

Info terakhir, angka $199 adalah angka subsidi dari pembelian iPhone dengan langganan 2 tahun di AT&T USA. Konon harga aslinya tetap $399. Belum tahu bagaimana Apple akan mengaturnya... Tapi kalaupun nanti akan masuk Indonesia, kemungkinan besar akan kerjsama dengan operator tertentu, mekanismenya gimana... belum tahu.

YUSUF ARIF SETIAWAN said...

besok jumat dong loncingnya. Trus kalo dibawa pulang ke samarinda ntar perlu unlock nggak ya? soalnya disini kan bundling sama softbank mobile?

mohamad adriyanto said...

mas yusuf, kalo beli di usa misalnya, trus dibawa ke indo... musti diganti operator. istilah "unlock" sebenarnya adalah utk mengganti operator dari at&t ke yg lain. utk yg iphone 1 no problem krn bisa di unlock tanpa aktivasi at&t dulu.

tapi yg iphone 2, harus aktivasi dulu, artinya pengguna akan harus bayar dulu ke at&t dan kena denda kalo gak nerusin langganan hingga 2 tahun. kalau mau rugi begitu, mustinya bisa langsung unlock...

Anonymous said...

berarti make i-phone ribet donk yah??
$199 itu blm hrga total na ??

nvbtx said...

sudahkah sampai di endonesa?

Penjualan Laptop said...

Saya jual
IPhone 8 GB == Rp.7.100.000
IPhone 16 GB == Rp.8.100.000

Harga Update/Pemesanan Hub:
Johan 081809999567

Thx..

YH said...

tahun ini iPhone 3G masuk Indonesia kok, bundling dari Telkomsel, tapi baru bisa buat kartu halo dulu :) bisa diliat di http://www.apple.com/asia/iphone/buy/#id kayaknya sih harganya nggak bakal gila gilaan kayak yang versi black marketnya

Anonymous said...

Halo, saya bintan.....

Saya mau tau berapa harga iPhone yang 8 Gb, Katanya udah banting harga 199 dolar yah?

Kira2 dimana saya bisa belinya?

email saya : xtriz.team@gmail.com
Trima kasih

Anonymous said...

FYUH TEKOMSEL GA MAU KASI HARGA!!!! APA CUMA PROMO BAYANGAN

YH said...

hmm temen gue yang kerja di telkomsel juga nggak mau bocorin harganya :( cuman kayaknya harganya mahal, soalnya waktu gue bilang ke dia gue pesen iPhone telkomsel dia langsung "yakin lo? lo udah tau harganya belom?" sama dia keceplosan gitu katanya tanggal 20an bulan ini..

still hoping here... hahaha

Anonymous said...

wah jadi kepengen...kira2 hargany berapa y??klo dibanding sama BB bagusan mana y??

YH said...

hmm... beda konteks lah gan.. kalo Blackberry kan untuk office sama socializing, iPhone untuk multimedia.. kalo lebih suka dengerin musik, nonton youtube, nonton video.. ya pilih iPhone! tapi kalo lebih suka chatting, facebook-ing, myspace-ing... ya BlackBerry :)

teguh said...

gw rasa budaya "pasca bayar" di indo ga terlalu baik deh.
Jd gw pikir Iphone di indo akan lebih mahal dari Iphone di negara lain.
-Masa cuma dengan $199 + KTP udah bisa bawa IPhone (kisaran hrga 7jtan)

-Bisa sih, tp bln pertama pembayaran dst, ga pernah bayar lg tuh..

I'm vote for $199...

Anonymous said...

klo gak salah katanya tsel kasih 4 opsi 3 pasca dan 1 pra bayar, dan harga hp mulai dari 2,... jt blm bundling program, kalo dibundling harganya total bisa 9jtan untuk satu tahun...
tul gag sih

Anonymous said...

gw rasa indo msh lom mampu buat sistem plan kya d luar2 d...
soal na
per bln 488
hrg hp 3844
gratis telpon 180 menit per bln
gratis 150 sms

bukan na seharus na klo perbulan 488rb berarti buat contoh..
pemakaian 500rb.. berarti kita seharus na membayar hanya 12rb...
klo pemakaian kita kurang dr 488.. kita tetep bayar 488...

masa telkomsel batasin kita...
--'
itu mah nama na bukan plan...
tp credit hp biasa... --'

Anonymous said...

tetep aja jatuhnya mahal
harga iPhonenya sih murah..
Biaya langganannya mahal bo...jadi jatuhnya ya sama2 mahal juga...

hp gw aja jaman dulu bgt nih, bingung mau ganti, banyak varian...

Anonymous said...

ah, beneran nih krang dri 2 jt?
gw jga mw

tpi,masa labih murah gitu dari n95?

secara,iPhone gitu?

Anonymous said...

^
^
telat baca info :P
buka www.telkomsel.com aja mendingan.............

Annisa Safanta said...

cari harga iPhone 3G yang update di mana yah?
kemaren uda tanya ke toko hp,
adanya harga 10jt keatas...
ada gag yah dibawa BBB, dibawah 7,5 jt...

Anonymous said...

huMmM,,iphone harga nya brapa segh sebenernya??
$199 tu cm harga hp??
trus langganan nya bsa lebih mahal dari harga iPhone itu sndiri yagh??

YH said...

hmm.. jadi gini.
kalo mau tau harga fixnya iPhone dari telkomsel.. buka ke websitenya langsung aja! disana ada harganya lengkap sama plan sama dapet gratisnya apa aja.

US$ 199 itu di AT&T, kalo lo pake AT&T sih udah beda cerita ya.

kalo dihitung hitung hampir semua plan telkomsel jatuhnya sekitar 10-12 juta
tapi ada gratis telp ke semua operator, gratis sms sesama telkomsel, sama gratis internet dari 500MB-1GB CMIIW
kalo Black market emang sekarang harganya udah dengan 6-8 juta dapet iPhone 3G 8GB atau 16 GB, cuman itu nggak pake plan at all jadi nggak dapet gratisannya dr telkomsel, walaupun lo pake kartu telkomsel sendiri (smpe sekarang telkomsel belum ngasih plan doang tanpa handheld) terus kalo Blackmarket, lo nggak akan dapet warranty dari Apple. emang org lain juga bisa betulin kalau kenapa kenapa, cuman pengalaman gue sama iPhone BM kalo rusak tuh betulinnya sekitar 2 - 5 juta.

kalo kita bayar cuman 12 ribu sisa pemakaiannya gimana dong, siapa yg bayar? soalnya dgn 400-700 ribu itu sama aja lo beli kredit utk telp, sms, sama internet yg harga segitu, jadi sekalian bayar cicilan hp, sekalian dapet bonusnya.. kalo pemakaian lebih dari itu ya bayar sendiri lagi.. trust me, nothing is free in this world! cuman kalo berani bayar lebih ya pasti dapet lebih juga.

BBB maksudnya Blackberry Bold? kayaknya ada.. udah check fjbex?

untuk info doang, di US iPhone 3G yang 199 dollar aja belum masuk ke perbulannya yang bisa sampe 70-100 dollar sendiri... terus dari awal telkomsel sama pihak Apple emg udah bilang iPhone 3G dipasarinnya ke menengah keatas <-- agak borjuis sih ya..

errh.. habis gue panjang lebar bilang ini, untuk yang males baca:
intinya:
- harganya diindonesia kayaknya nggak akan pernah murah
- diluar 199 dollar juga plus plus plus plus
- liat harga di website telkomselnya langsung.

thks!

ramsez said...

hmmm...
Iphone fine2 aja di Jeddah (KSA).
Handphone yg saat ini jadi raja.

Sedang Black berry hanya menang di layar LCD saja. Fitur2nya Nokia bisa ngalahin ko'

Ido Rahma Riza

jengayu said...

wah...tp iphone g cocok buat smsan di atas mongtor hehe....

juan said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Budi said...

Tunggu yg murah. Nunggu sampai iPhone dijual dengan harga dibawah 1jt. :P

Jamie said...

permisiii...
sy lg mo beli iphone 3g...
hargany sy masi bgg,skg katany nga smahal dl...
bagi anda yg mau menbantu sy,atau bahkan ad yg menjual...bisa sms k no sy di 0817715515...atau add facebook sy di mixingforlive@yahoo.com...
terima kasihh...

Christina said...

Mw nanya nih...harga iphone sekarang brapa yach???

Christina said...

Mw nanya nih...harga iphone sekarang brapa yach???

muh4m4d_3f3nd1 said...

mo tanya temen2,,,,yg bsa unlock cp....
katanya klo iphonnya dah di unlock,,
katnya ga perlu lgi pke bayar tagihan bulanan dri telkomsel tuh,,,
trs biaya unlock berapa..?

Anonymous said...

tapi masalahnya kalau dari telkomsel terus kontraknya masih lama udah diunlock terus nggak bayar tagihannya lagi, sama aja penyalah aturan kontrak soalnya waktu pertama beli iPhone nya dari telkomsel kan pake kontrak...

afrid said...

Yth.
aku punya iPhone 16GB model A1241 Designed by apple California assembled by China,apakah itu iPhone PALSU ? karena gak bisa connect PC dan gak bisa internetan
please kalo ada yg bisa bantu email:
afrid_cano@yahoo.co.id
THX.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...