Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

13 September 2008

Pilih Zune atau iPod?

Berikut perbandingan head to head dari Wired Gadget Lab yang membandingkan Apple iPod Nano vs Microsoft Zune 16 GB, serta Apple iPod Classic vs Microsoft Zune 120 GB. Setelah dianggap anak bawang selama beberapa tahun sejak peluncuran perdananya, Microsoft Zune, di generasi ketiga ini, mulai dilirik sebagai pesaing yang cukup kuat untuk melawan rajanya media player iPod. Setelah beberapa hari lalu kedua pesaing ini meluncurkan produk terbarunya, maka muncullah tabel perbandingan berikut ini untuk membantu anda menentukan pilihan terbaik sesuai kebutuhan.

Dari tabel terlihat bahwa hampir semua aspek dari kedua produk ini hampir sama. Rincian keunggulan dan kelemahan masing-masing, silahkan lihat tabel secara rinci (klik tabel untuk memperbesar gambar). Namun mohon maaf, tabel perbandingan buatan Wired Gadget Lab ini hanya mengandung aspek hardware saja, padahal justru menurut saya pertarungan tersengit justru ada di software. Sampai sejauh mana software Zune buatan Microsoft bisa melawan software iPod yang telah terbukti bertahun-tahun mampu memenuhi standar kebutuhan konsumen atas pengoperasian media player yang mudah tapi tetap canggih? Jika berkaca dari persaingan software antara Apple iPhone melawan Microsoft Windows Mobile di ponsel smartphone, maka banyak yang bilang bahwa "kemudahan" software Apple sangat sulit untuk dilawan, padahal iPhone datang belakangan sementara Windows Mobile sudah exist bertahun-tahun sebelumnya.



Sementara dalam kasus iPod melawan Zune, Microsoft justru pendatang baru setelah iPod hadir dan menjadi raja bertahun-tahun sebelumnya. Silahkan rasakan sendiri... post komentar anda disini.

Baca juga tulisan saya sebelumnya mengenai pertarungan kapasitas storage dari kedua rival ini.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...