Search This Blog

Hexatar - Make your own cartoon picture

10 September 2008

Panas, Perlombaan Kapasitas Storage Portable Dunia 2008

Beberapa hari lalu, Microsoft mengumumkan produk terbaru mereka yang berhadapan head to head dengan Apple iPod, apa lagi kalau bukan versi baru Microsoft Zune. Versi baru? Ya, setelah diledek habis-habisan dengan Zune versi awal, Microsoft bangkit dan muncul dengan Zune versi terbaru yang jauh lebih baik dari sisi software dan hardware. Zune langsung menembak dengan versi storage super besar: 120 GB. Bayangkan, MP3 player dengan kapasitas sedemikian besar... untuk apa ya?

Sebelumnya, Apple iPod telah lebih dulu meluncurkan Apple iPod Classic 160 GB. Persaingan antara para raksasa ini memang sudah sampai pada tingkat yang sangat sengit dan penuh kejutan. Namun ditengah persaingan ketat para pemain MP3 player ini, muncul "pesaing lain" yang juga meluncurkan produknya di waktu yang sama. MP3 player lain? Ternyata bukan, yang ini adalah Toshiba yang meluncurkan hardisk 8 inch berkapasitas 240 GB. Ukuran 8 inch adalah ukuran hardisk yang dipakai oleh iPod (dan mungkin juga Zune). Artinya dalam waktu sangat dekat akan muncul iPod versi 240 GB.

Selamat datang di era Giga Storage. Era dimana kapasitas penyimpan memory semakin besar dan semakin besar setiap hari. Di sisi ponsel, Samsung dan Nokia juga berlomba mengeluarkan produk dengan kapasitas gila-gilaan juga, sudah sampai pada level 16 GB-an... Di ajang netbook/UMPC? Sama saja... Laptop super kecil itu sudah dipasangi dengan amunisi hardisk hingga 120an GB. Belum bila kita bicara kapasitas flashdisk... Ini juga sudah bisa sampai 32 GB (yang saya yakini akan segera dipecahkan rekornya, dan kemudian rekor baru tadi akan segera dipecahkan lagi).

Update: Toshiba akan segera merilis notebook baru dengan 128 GB SSD (solid-state drive), SSD adalah pengganti hardisk berbasis flash memory. Trend baru yang dimulai dengan UMPC/netbook dan saat ini SSD tampaknya mulai masuk juga ke mainstream netbook/laptop.

Anda sudah perlu MP3 player 160 GB? MP3 player ini akan dapat menyimpan lagu (seukuran 5 MB per lagu) sebanyak lebih dari 30 ribu lagu. Pertanyaan saya, siapa yang cukup gila dan maniak untuk memiliki 30 ribuan file lagu dan ingin membawanya kemanapun dia pergi? Atau anda akan memanfaatkannya untuk menyimpan file lain seperti gambar dan video juga? Kalau demikian, anda memang mungkin harus memilikinya...

Pesan saya, lihat keperluan anda... Jika anda memang punya uang sangat berlebih dan concern dengan gengsi untuk selalu mengikuti dan memakai keluaran teknologi terakhir, silahkan... Namun bila tidak, cari dan bijaksanalah memilih produk.

1 comment:

kambing muda said...

beraapa sih harga ipod nya////?????????????????????????????????????????????????????????

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...