Search This Blog

Hexatar - Make your own cartoon picture

11 September 2008

Netbook Impian Kita

Majalah online Crave membuat semacam kriteria-kriteria "impian" atas sebuah netbook/UMPC. Tentu saja dengan kriteria yang dipikirkan oleh mereka di USA sana. Namun kriteria kita yang ada di Indonesia? Ayo kita buat sendiri... Saya kutipkan kriteria dari Crave di bagian bawah tulisan ini. Saya sampaikan juga tabel perbandingan singkat dari CNET atas beberapa netbook mainstream yang populer di pasar USA saat ini (klik gambar untuk memperbesar tampilan).

Kalau saya sendiri punya beberapa keinginan untuk netbook yang saya perlukan. Baca tulisan saya sebelumnya tentang Asus Eee PC serta Acer Aspire One. Rasanya kedua tulisan ini telah mewakili "kriteria impian" milik saya sendiri. Baca juga liputan saya atas perkembangan netbook/UMPC di blog ini. Saya undang juga para pembaca untuk menyampaikan keinginan masing-masing sesuai kebutuhan dengan langsung menulis comment di tulisan ini. Walau tampaknya sulit untuk mengalahkan Acer Aspire One, namun saya yakin para produsen akan memasang kuping mereka untuk mendengar suara kita semua...

Crave: Our dream Netbook

CPU: 1.6GHz Intel Atom N270--We're open to new challengers, but this has quickly become the default Netbook CPU.
Hard Drive: At least 20GB SSD--We know SSD drives are expensive--but that's our minimum for useful storage and expansion.
RAM: 1GB--Perfect for running the stripped-down version of XP found in many Netbooks.
OS: Windows XP--Netbooks are supposed to be especially consumer-friendly--having a familiar operating system helps, plus it's easier to install new software or troubleshoot problems.
Screen: 8.9-inches--The best marriage of usability and portability.
Battery: At least 180 minutes--We know longer battery life requires bigger, bulkier batteries, so we'll compromise for a solid three hours.
Price: $499--Here's the most important part. A Netbook needs to come in less than that magic $500 mark to stand out from the scores of cheap mainstream laptops on the market.

5 comments:

Anonymous said...

gue mah yg penting harag musti murah... berape ye idealnya? 3 jutaan ok

Anonymous said...

hardisk penting sekali, ssd 8 gb terlalu kecil, apalagi yg 4 gb, susah utk install program lain2.

trus batere, 3 jam lah minimal. kurang dari itu, netbook gak ada gunanya. idenya kan utk dipakai di jalanan terus?

Anonymous said...

netbook, kalau cuma pakai wifi belum impian, tapi kalau sudah HSDPA/3,5G biar bisa internet dimana aja, baru bisa di sebut netbook. seperti diaussie, sini, rencananya Netbook yg pakai 3,5G (Desember 08) akan di bundle dgn Perusahaan provider Mobile phone seperti vodafone, optus, three dll. Kedepan wimax kali ya..

Anonymous said...

for price and specs check,
come and visit us!!!

www.netbookonline.blogspot.com

Anonymous said...

Saya perlunya yang baterei tahan (paling) lama, banyak muter video & mp3, (paling) ringan, harga juga paling ringan. Lebih baik aspire 1 atau asus e? maturnuwun...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...