Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

02 August 2008

Acer Aspire One, Calon Raja Baru UMPC atau Netbook

Akhirnya pesaing sangat kuat dari perintis UMPC (ultra mobile PC) Asus Eee PC muncul juga. Siapa lagi kalau bukan dari rajanya laptop ekonomis dari Taiwan: Acer. Namanya? The Aspire One. Aspire sendiri adalah flagship brand dari Acer untuk laptop mini ukuran 12-an inch yang relatif lebih mahal dari produk laptop Acer lainnya. Tidak tahu kapan pastinya hari launching, tapi sekitar akhir Juli 2008 lalu. Beberapa hal yang pasti mengenai spesifikasinya saya kutipkan disini. Istilah UMPC dan "netbook" saat ini banyak digunakan dengan makna yang sama.

Beberapa hari lalu saya sempat menerima email yang menawarkan produk ini di kota Balikpapan, harganya 4 juta sekian (lupa pastinya). Artinya produk sudah ada sampai di Indonesia. Kalau melihat spesifikasi teknisnya, produk ini memang diarahkan langsung "head to head" dengan Asus Eee PC. Desain punya keunikan sendiri dibanding desain yang sudah dimulai Asus. Namun kekecewaan tetap pada layar yang masih pakai dimensi "aneh" ala DVD portable player yaitu 1024 x 600 (yang dipakai standard normal PC adalah 1024 x 768). Namun Aspire One berhasil menjaga harga tetap terjangkau. Harga versi SSD 8 GB dengan Linux Linpus Lite ada di USD 379 (mudah-mudahan sumber info saya benar).

Update 30 Agustus 2008:
Sebuah toko di Harco Mangga Dua Jakarta menawarkan ke saya via email ACER ASPIRE ONE (Intel Atom 1.6GHz, RAM 1GB, 8GB SSD, layar 8.9 inch) HANYA Rp. 3.520.825. Tampaknya harga terus turun di Indonesia, namun apakah akan sampai di "titik psikologis" Rp 3 juta? Masih terus kita tunggu...

Spesifikasi teknis yang berhasil saya kumpulkan dari berbagai sumber:
  • 8.9-inch 1024 x 600 LED-backlit display
  • 1.6GHz Intel Atom N270
  • 512MB DDR2 SDRAM (expandable)
  • 1.3 megapixel camera
  • SDHC and multi-format media readers
  • 802.11b/g, Ethernet, three USB 2.0, VGA, and 3.5mm audio out
  • One free mini PCI slot for WWAN
  • 80GB hard drive (with XP) or 8GB solid state (with Linux)
  • 2.5 or 5 hours on 3 or 6-cell batteries in XP model, 3 or 7 hours on Linux
  • 1kg (2.2 pounds)
  • available in four colours - sapphire blue, seashell white, golden brown and coral pink
  • harga USD 379 utk Linux, USD 600 utk Windows XP.

Berikut adalah foto langsung dari Aspire One berdampingan dengan Eee PC 901 (lihat gambar dibawah berita ini).

Beberapa berita menyebutkan bahwa produk ini ditargetkan akan terjual 6 juta unit tahun 2008 saja, lebih tinggi dari target Eee yang hanya 5 juta. Memang jaringan distribusi worldwide Acer jauh lebih kuat dibanding Asus. Apalagi setelah Acer membeli Gateway di USA. Namun keterbatasan suku cadang tampaknya akan menghalangi pencapaian target jual itu.

Mengapa produk UMPC ini bisa begitu murah? Salah satunya adalah penggunaan layar ukuran aneh tadi. Layar dimensi sedemikian adalah layar yang dipakai di portable DVD player yang sudah diproduksi massal sehingga harga bisa jauh lebih murah. Kemudian juga penggunaan SSD (solid state disk) yang berteknologi flash yang lebih murah dibanding hardisk tradisional.

Saat ini pasar UMPC semakin padat persaingan, bagus sekali bagi masyarakat. Berikut para pemain yang sudah masuk:

Asus' Eee PC 901 and 1000, the Cloudbook Max netbook, Elitegroup's G10IL mini-laptop, MSI's Wind low-cost laptop, Giga-byte's M912X mini-laptop, and Acer's Aspire one, dan tentu saja jangan lupakan sang pionir OLPC (one laptop per child) dari Nicholas Negroponte.

Produk mini laptop HP tidak masuk disini karena walau spec teknis masuk, tapi harganya selangit...

Update:
Info dari rekan Agung di Adelaide, di Bhinneka.com sudah bisa pre-order, harganya USD 439 (sekitar Rp 4,03 juta) belum termasuk ongkos kirim dengan spec Atom N270, 1GB DDR2, 8 GB SSD, NIC, WiFi, Camera, VGA Intel GMA950 64MB (shared), 8.9" WVGA, Linux (w/o Case).

Info harga lain, di Amazon.com dengan spec Acer Aspire One 8.9-Inch Mini-Notebook (1.6 GHz Intel Atom N270 Processor, 512 MB RAM, 8 GB Solid State Drive, Linpus Linux Lite) White dibandrol USD 392.9 dengan free ongkor kirim.

Pertanyaannya, bisa di upgrade ke Win XP semudah Asus eee PC gak ya? Asumsi saya, harusnya akan sangat mudah. Tapi belum tentu juga, karena Acer menyediakan versi Win XP asli dengan spec HDD 80 dan 120 GB. Jadi ada kemungkinan user akan kesulitan upgrade versi SSD 8 GB ke Win XP. Namun belajar dari Eee PC, versi SSD 4 GB dengan mudah "menelan" Win XP.

Kita lihat juga performance prosesor baru Intel khusus untuk mobile gadget: Atom. Sesuai janji atau tidak?

Update:
Judul saya rubah sesuai usul pak Agung dari Adelaide, usul yang sangat baik. Rajanya saat ini memang masih Asus Eee PC.

Update 17 Agustus 2008:
Di Fastncheap.com, hari ini sudah tersedia ACER ASPIRE ONE AOA 110-AB dengan harga Rp 3.999.000 sebelum ongkos kirim. Versi yang tersedia adalah 8 GB HardDisk SSD dan 1 GB Memory with 512MB onboard SDRAM and 512MB DDR2 soDIMM.

Di Bhinneka.com tersedia yang versi non-SSD dengan 120 GB 5400 RPM, sangat besar kapasitasnya. Spesifikasi lain sama. Harga USD 520.

Tampaknya harga di Indonesia sudah langsung "normal" tanpa harga gila-gilaan yang melambung tinggi karena barang fresh baru tetapi stock tipis. Acer punya sistem distribusi jauh lebih baik dibanding Asus tampaknya, sehingga harga bisa standard di berbagai outlet penjualan.





10 comments:

Agung said...

Pak adriyanto, jadi seru ya.. persaingan umpc. Tapi acer aspire one kan baru calon raja belum jadi rajanya. Nich Raja lama "EEE PC" asus sudah beberapa bulan sebelumnya keluarin eee pc 901, yang kalau di aussie lebih murah, juga di www.ebay.com.au
Point Lebih EEE PC 901 Yang Tidak ada di Acer Aspir One: 20GB SSD, Battery Bawaanya tanpa perlu Upgrade sudah 6 Cell (7-9 jam), BLUETOOH, Kamera 1,3 mp, HARGANYA lebih murah.
Tapi Kalau soal Style dan Bentuk, ASPIRE ONE memang lebih keren...
Begitulah Produk IT, "Easy Come Easy GO" he..he.. kepanjangan ya.. lg senang komentar aja nich... btw, selamat berburu aspire one.

Agung Prabowo said...

Satu lagi yang ketinggalan, bahwa eee pc 901 dari asus punya TouchPad yang bersifat MultiTouch seperti Apple Iphone. Pengalaman Pribadi waktu coba MULTITOUCH big screen yang mirip Microsoft Surface pas di skydeck melbourne keren banget. Just share video pribadi pas coba multitouch screen KLIK DISINI

Mohamad Adriyanto said...

makasih pak agung atas infonya... bener juga ya, seharusnya "calon" raja baru, he3... bentar saya perbaiki

asn said...

saya kurang setuju kalo asus eee dibilang sebage "raja saat ini" mengingat adanya bberapa kekurangan yg cukup fatal untuk beberapa kalangan user.

lalu saya juga tidak melihat pembanding lain seperti HP MIni Note dan salah satu favorit kritikus MSI Wind. kalo disini ada ajang "pemilihan raja" maka ga fair kalo ada peserta yg absen ;)

Mohamad Adriyanto said...

mas asn, pemilihannya gak pakai voting :-) tapi saya sebut raja dari data penjualan. eee pc adalah produk komersial pionir dalam kategori umpc ini dan langsung meninggalkan pesaing lain dr sisi penjualan. jadi ini alasan saya... bukan karena spesifikasi. kalo spec kayaknya memang gak ada yg sempurna 100%...

Anonymous said...

Harga sudah TURUN menjadi US$ 329 !

Baca:

http://www.electronista.com/articles/08/08/22/acer.aspire.one.price.cut/

Kalau ada teman yg punya toko komputer atau HP, bisa order dengan harga distributor malah lebih murah lagi!
Good luck!

casmais said...

wah kemaren 18 agustus saya beli di Acerpoint Mangdu dapet versi windows xp, hdd 120gb, ram 1gb, batere 4cell 5200 mah. dah saya test tahan lama sampai 6.5 jam.

harga di bhineka.com $520 kira2 4.8 jt ditoko lain jg ga jauh beda. sekarang krg tahu dah turun apa belum.

Kinerja ok. instal banyak aplikasi yang ringan sampai yang berat ga ada masalah. kalo saya bilang kinerjanya bisa dibilang setara bahkan lebih baik bila dibandingkan dgn notebook yang menggunakan procecor centrino. dah saya bandingkan dengan HP NC6000 milik saya.

so do not confused, kalau saya lebih milih ini daripada asus or HP

Singgih Saptadi said...

spesifikasi RAM-nya apa ya pak? DDR2 PC 4200 atau 5300?

Mohamad Adriyanto said...

@singgih: PC2-4200 533 Mhz

Mohamad Adriyanto said...

Dari Karya Citra Computers (Harco Mangga Dua Plaza, Jakarta): ACER ASPIRE ONE (1.6GHz/1GB/8GBSSD/8.9") HANYA Rp. 3.371.400...

Just info, tdk ada keterkaitan apapun antara blog ini dg toko tsb.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...