Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

04 September 2008

Rank 32 di Kampung Blog, 117 di Blog Indonesia, PageRank 3

Ada beberapa indikator popularitas blog di Indonesia yang biasa dipakai untuk mengukur seberapa terkenal blog seseorang. Dua diantaranya adalah Kampung Blog dan Blog Indonesia. Keduanya memiliki suatu mekanisme yang teruji dan fair untuk mengukur popularitas sebuah blog.

Secara umum, blog Hikmah Teknologi masih jauh dari populer, namun dari beberapa indikator terlihat bahwa ranking blog ini mulai naik sedikit demi sedikit. Sesuatu yang membuat saya sangat gembira dan tambah antusias meng-update blog ini. Hari ini, di Blog Indonesia ranking 117 (dari 129 bulan lalu). Di Kampung Blog cukup steady di range 30-40, 2 bulan lalu masih di rank 70an, pernah loncat ke 20an, namun hanya sesaat ketika ada artikel yang tiba-tiba diserbu pengunjung. Kemudian, indikator Google PageRank sudah mencapai rating 3. Namun sayang di blogs.indonesiamatters.com tidak bisa masuk. Terima kasih atas partisipasi anda sekalian mengakses blog ini sehingga rankingnya membaik.

Bagaimana cara mereka mengukur?

Blog Indonesia hanya memasukkan hitungan click-through dari pengunjung blog-indonesia.com. Hal ini menyebabkan hasilnya agak bias karena bisa saja pengunjung blog saya misalnya justru banyak berasal dari luar Blog Indonesia. Ranking 117 sudah sangat bagus bagi saya, setidaknya dari 7000an blog yang terdaftar disana.

Kampung Blog lebih fair. Kita diminta memasang script di blog kita yang ter-display dalam bentuk image kecil bertuliskan angka ranking di blog kita. Asumsi saya, Kampung Blog menghitung jumlah request via script yang tertanam di blog kita setiap ada kunjungan. Jumlah hits dihitung dan dibandingkan dengan blog terdaftar lainnya dan secara realtime ditampilkan dalam bentuk angka di icon Kampung Blog.

PageRank? Akan saya update segera...

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...