Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

04 September 2008

Dell Inspiron 910, Killer Netbook Dibawah Rp 3 Juta

Update 4 September 2008 (siang): Akhirnya Dell Inspiron 910 muncul juga, namanya jadi Inspiron Mini 9, versi terbawah dengan OS Ubuntu ini dilempar dengan harga USD 349. Melesetlah isu dan harapan bisa muncul dengan harga USD 299. Detail dibagian bawah tulisan ini. 

Update 4 September 2008 (subuh): Isu yang beredar, Dell Inspiron 910 akan segera di launching dalam beberapa hari ini. Harga akan berada di kisaran USD 300-400, kemungkinan besar yang termurah akan menggunakan versi OS Linux. Kita tunggu, jika benar maka harga akan bisa sangat rendah.

Persaingan UMPC (ultra mobile PC) atau sering juga disebut "netbook" semakin panas. Mudah-mudahan itu semua membawa keuntungan bagi masyarakat. Kali ini yang sembunyi-sembunyi menyiapkan produk unggulannya adalah Dell. Perusahaan komputer asal USA ini sudah siap meluncurkan netbook terbarunya segera. Isu dan rumornya, akan meluncur 22 Agustus 2008 ini, belum ada kabar resmi dari Dell, baru seliweran isu yang hampir pasti benar di Internet. Isu sangat kuat mengatakan bahwa harganya akan ada di USD 299. Wow... jauh lebih rendah dibanding Asus Eee PC dan Acer Aspire One pada spesifikasi yang mirip. Artinya kurang dari Rp 3 juta. Dan OS yang dipakai adalah Ubuntu, berita sangat baik karena Ubuntu adalah salah satu OS open source yang paling komplit dan stabil setara Windows Vista.

Namanya Dell Inspiron 910 (Mini Note). Isu awalnya akan diberi nama Mini Inspiron atau Inspiron Mini. Inspiron 910 akan pakai SSD hingga 16 GB, layar 8,9 inch 1024 x 600 (sama dengan UMPC lain, layar tidak penuh), prosesor Intel Atom N270 1.6 GHz, 533 GHz, 512 K single core, memory DDR 2 512 MB/1024 MB, OS Ubuntu 8.04 atau Windows XP SP2. Yang lain mirip dengan pesaingnya.

Kita tunggu... mudah-mudahan info ini benar.

Kenapa saya begitu bersemangat meliput perkembangan UMPC atau netbook ini? Karena segmen komputer inilah yang saya yakini 100% akan mampu membawa dunia pemanfaatan teknologi informasi bisa sangat cepat melaju. Bayangkan jutaan anak sekolah Indonesia menggunakan netbook murah yang canggih, terkoneksi ke Internet, dijamin bangsa kita akan bisa lebih cepat lagi melaju bersaing dengan bangsa lain... Ini sangat bisa tercapai dengan APBN pendidikan yang sudah 20%. Tinggal mencari strategi yang tepat untuk memanfaatkannya. Ikuti terus perkembangan UMPC/netbook ini di tulisan blog Hikmah Teknologi.

Update 4 September 2008:
Akhirnya muncul juga, resmi di website Dell USA:
Inspiron Mini 9 (basic dengan harga USD 349), tanpa kamera, SSD 4 GB, DDR2 512 MB, dst... Secara umum mengecewakan. Mending Acer Aspire One, dengan harga mirip bisa dapat spec lebih tinggi.

Obsidian Black
Ubuntu 8.04 with custom Dell interface
512MB DDR2 at 533MHz
4GB Solid State Drive
No Camera Option
Intel® Atom Processor® N270 (1.6GHz/533Mhz FSB/512K cache)
Glossy 8.9 inch LED display (1024X600)
Intel Graphics Media Accelerator (GMA) 950
Wireless 802.11g Mini Card
32WHr Battery (4 cell)
No WWAN Option

Berikut beberapa screen shot dari data-data dan foto-foto Dell Inspiron 910 yang beredar di Internet dan diyakini berasal dari sumber internal di Dell (klik langsung di gambar untuk memperbesar tampilan gambar agar bisa terlihat lebih jelas).




13 comments:

budi said...

Gak salah neh ngebandingin ubuntu 8.04 dengan vista. Vista tuh ketinggalan jauh klo di banding ubuntu. Udah gitu gak stabil, coba sebutkan perusahaan yang pake vista, tidak ada..
Klo mo bandingkan sesuatu coba dulu, kemudian di test dengan hardware yang sama.
Vista cuman OS, Ubuntu udah komplit, Ini curang namanya..

Mohamad Adriyanto said...

mas budi, makasih banyak atas masukannya. kebetulan saya sangat sedikit pengetahuannya ttg linux. jadi infonya sangat berguna...

agung STMIK balikpapan said...

Makin seru pak ya..
ini ada daftar netbook yang akan keluar serta tabel perbandingannya di http://en.wikipedia.org/wiki/Comparison_of_netbooks

Yang lebih menantang netbook fujitsu "AMILO" yang akan launching
tgl 28 agustus.

Tapi ACER memang lebih bagus jaringan distribusinya di indonesia, jadi harganya bisa merata.

anyway, Maju terus dan tetap mengulas UMPC pak. Semoga sukses.

Mohamad Adriyanto said...

p agung, makasih infonya, bagus sekali. fujitsu amilo, bagus juga ya? saya coba crai info lebih lajut... sukses di aussie.

budi said...

wah bos kita ngerendah neh..
wong ngajar di smk ti, masa ilmu linux nya sedikit.
sy aja menyesal baru kenal linux setelah lulus kuliah, sy pikir sekolah hrs mengenalkan semua OS yg ada, jgn terpaku dengan microsoft. karena kurikulum mengajarkan menghargai haki, pakai software legal. Nah klo kita yang tua aja pake bajakan bagaimana anak didik kita.

erwinmul said...

Sudah keluar tuh, namanya Inspiron Mini 9. Gak semurah yang dirumorkan, paket basic 3,5 juta. Naik ke 8 GB SSD jadi 4 juta, paket kumplit jadi 4,5 juta.

Gudang Data said...

http://mantugaul.wordpress.com/2008/12/20/review-netbook-dell-mini-inspiron-9-hsdpa/

ada sedikit review tentang netbook ini...

zainal said...

mas dimana saya bisa dapat laptop murah ya kalo bisa harganya di bawah 3 juta sebap aku butuh 40 unit ni

nah kalo ada ni e-mail aku zainalmkom@gmail.com atao ke zainalskom@yahoo.com ato ke 085277737600

Anonymous said...

bagusan dell inspiron 910 apa asus eeepc 1000H??

arifrahmat said...

Kalau mau netbook di bawah 3 juta, ya cari yang 2 jutaan dong, coba simak di sini....

http://arifrahmat.wordpress.com/2009/10/12/netbook-murah-baru-rp-2-juta-dengan-intel-atom/

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
fahmi said...

hahhaa...thx y infonya....

http://career.gunadarma.ac.id

Hollings Oz said...

Ini adalah kesaksian perusahaan pinjaman HollingsOz masyarakat umum dari jakarta Indonesia adalah yang paling dapat diandalkan perusahaan perusahaan pinjaman yang dapat Anda percaya days.we ini memiliki banyak palsu dan perusahaan pinjaman nyata hari ini, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan / mendidik masyarakat umum tentang mendapatkan pinjaman online.The hanya mengencangkan Anda bisa online pinjaman adalah pinjaman HollingsOz firm.you dapat menghubungi HollingsOz Badan kredit ketika membutuhkan pinjaman mendesak dan kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2%.
Hubungi perusahaan pinjaman .HollinsOz di Hollingsozloanfirm@gmail.com.
Jika Anda membutuhkan bantuan atau informasi tentang bagaimana untuk pergi tentang proses pinjaman, silahkan hubungi kami melalui email Hollingsozloanfirm@gmail.com.God memberkati Anda dan membuat sut youre Anda ger pinjaman dengan kami dia

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...