Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

16 August 2009

Marshanda dan Trend Video Blogging di Indonesia

Pagi ini saya melihat berita di TV tentang video dari artis Marshanda yang diambil dari Youtube.com. Video ini menjadi berita cukup heboh karena berisi video "aneh" yang diambil sendiri oleh Marshanda di kamarnya, tampaknya dibuat dari webcam yang ada di laptop (perkiraan saya). Video berisi Marshanda sedang bernyanyi dan mengeluarkan kata-kata umpatan kepada teman-teman SD-nya. Artis ini tampak sekali kehilangan kontrol dan berlaku sangat aneh, sangat berbeda dengan image yang kita lihat diberbagai film, clip dan berita-berita di media. Lihat videonya disini.



Blog saya tidak membahas "infotainment dan gosip", namun saya mencoba melihatnya dari sisi lain. Sisi dimana teknologi telah membawa kita menjadi masyarakat yang demikian terbuka. Saya punya keyakinan bahwa video pribadi yang dibuat seorang diri tersebut tidak dimaksudkan untuk disebar ke publik. Dalam dunia yang kompleks seperti saat ini, ekspresi penumpahan kekesalan diri seseorang ternyata tidak melulu hanya bisa dilampiaskan dengan berteriak keras ke bantal, atau lari ke minuman keras bagi sebagian orang, namun bisa dalam bentuk lain yang terpikirkan sebelumnya. Marah-marah didepan kamera ternyata bisa jadi ajang penumpahan kekesalan juga. Direkam kemudian dinikmati sendiri atau bisa pula disebar dengan mudah ke publik.

Bagaimana Bisa Tersebar?

Dalam kasus Marshanda, saya perkirakan dia mungkin hanya memberikan videonya ke sedikit orang teman terdekat, namun kemudian dengan mudah "bocor", di-upload dan tersebar melalui Yotube.com. Karena dari video yang saya temukan di Youtube.com, pemiliknya bukan Marshanda sendiri, namun seseorang dengan nama "nengsalse".

Kalau beberapa tahun lalu heboh tersebarnya video dan gambar kebanyakan melalui media ponsel, namun sekarang Youtube.com semakin populer dijadikan sebagai tempat publikasi video masyarakat kita? Kenapa demikian? Karena koneksi Internet yang sudah menyebar sedemikian luas dan kapasitas bandwidth lebar yang tersedia dimana-dimana. Situs Youtube.com yang biasanya lelet diakses dari Indonesia, saat ini semakin mudah diakses dan cepat sekali populer di masyarakat kita.

Atau, dalam kasus Marshanda, bisa saja komputer atau laptopnya secara tidak sengaja dapat diakses oleh orang lain, misalnya teknisi komputer yang sedang memperbaiki laptopnya yang kemudian mencuri file tersebut. Jadi berhati-hatilah bila memiliki file pribadi yang mungkin anda tidak ingin dilihat oleh orang luar.

Video Blogging

Uniknya, ternyata video Marshanda yang muncul di Youtube.com tidak hanya 1 saja, namun ada beberapa. Silahkan lihat di link berikut ini di Youtube.com. Semua berisi video yang bisa saya kategorikan "video blogging". Ngeblog dengan media video. Mungkin ini lebih cocok untuk masyarakat kita yang lebih kuat budaya bertuturnya dibanding budaya menulis.

Saya yakin 100% kasus ini akan membuat video blogging segera menjadi trend baru di masyarakat digital Indonesia. Apalagi Facebook yang sangat populer di negeri kita sudah cukup lama menyediakan fitur super mudah untuk merekam video melalui webcam atau kamera lain yang terkoneksi ke komputer atau laptop anda langsung dengan 1 klik dari situs Facebook.

Lindungi File Pribadi Anda

Saya pikir, kasus ini sekali lagi memperlihatkan bahwa teknologi saat ini bisa dengan sangat mudah membuat informasi pribadi kita dapat dengan gampang menyebar ke publik.

Masih ingat video-video pribadi anggota DPR yang dibuat melalui ponsel teman dekatnya bisa menyebar bak jamur di musim hujan ke masyarakat? Ingat juga foto-foto artis yang dibuat di masa mudanya, ternyata bisa menyebar dan jadi heboh karena foto-foto tersebut tergolong panas.

Saat ini juga terlihat trend "narsisme" di kalangan anak muda kita melalui Facebook. Ribuan anak-anak Indonesia membuat jutaan potret diri dan potret teman-temannya untuk disebar melalui situs jejaring sosial Facebook. Potret-potret yang dibuat dengan semangat anak muda, tidak banyak pertimbangan jangka panjang, di-upload tanpa pikir panjang.

Bayangkan bila anak-anak muda itu bablas menyebarkan foto-foto yang tergolong sensitif. Bagitu ter-upload ke Internet, pasti ada saja orang yang melihat dan kemudian menyimpannya. Biarpun pemilik kemudian menghapusnya dari Facebook misalnya, ada saja kemungkinan orang lain telah menyimpannya. Saat anak muda tersebut masih muda, mungkin tidak ada masalah. Namun apa yang terjadi saat anak muda tersebut telah berkeluarga, telah memiliki status sosial berbeda dan kemudian masyarakat atau keluarganya menemukan foto-foto yang tidak pantas itu?

Bahkan, di sebuah artikel di majalah online News.com pernah diulas tentang penggunaan search engine oleh para perekrut kerja di perusahaan besar. Untuk apa di-search? Mereka ingin mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang pelamar kerja dengan melakukan search di Internet. Jadi, untuk mengetahui lebih jauh tentang para pelamar, mereka akan mencari segala informasi mengenai para pelamar tersebut di Internet. Info teks, foto, video atau apa saja. Informasi ini bahkan bisa lebih berguna dibandingkan dengan proses wawancara kerja yang biasa dipakai sebagai acuan penerimaan pekerja.

Bayangkan jika banyak foto atau video negatif tentang pelamar tersebut yang ditemukan oleh para perekrut. Jika justru informasi positif yang ditemukan, tentu saja sangat bermanfaat bagi pelamar.

Ada banyak sisi sosio-kultural yang menarik tentang berkembangnya teknologi informasi di masyarakat kita. Sisi yang banyak orang tidak terlalu peduli untuk dibahas, padahal dampaknya sangat besar bagi perkembangan bangsa ini.

(Ditulis di kamar Hotel Kutai Permai, Sangatta, Kutai Timur, Kalimantan Timur, Indonesia)

5 comments:

Anonymous said...

Memang bagaimanapun harga diri itu sangat penting, ada orang mau mati-matian karena hanya mempertahankan harga diri. Namun ada juga yg memperjualkan harga dirinya dengan harga yang sangat murah bahkan tidak berharga demi mengejar suatu ketenaran.

ha'o_idaman said...

hai friends
blogge a good post and educate
keep the cool posts

Sam2StepUp said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Sam2StepUp said...
This comment has been removed by a blog administrator.
heli yansyah said...

hammer thor
hammer thor
cialis asli
jual viagra
alat bantu sex jakarta
toko dildo
pembesar alat vital
pil biru
obat hammer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...