Search This Blog

Hexatar - Make your own cartoon picture

13 November 2009

Cerita Hotspot di Sebuah Sekolah Elite

Kemarin saya mendapat pengalaman menarik saat masuk ke kawasan suatu sekolah elit di kota saya. Saya sempat menunggu cukup lama untuk suatu urusan sehingga sempat menggunakan hotspot di sekolah tersebut. Saya dengan cepat masuk ke Gmail untuk memeriksa email saya. Kemudian dengan mudah juga masuk Facebook untuk menjawab beberapa comment teman. Namun yang menarik adalah saat saya harus memeriksa salah satu blog saya di blogspot.com. Ternyata domain ini diblokir oleh admin jaringan di sekolah elit ini. Hmmm... penasaran, saya kemudian langsung masuk ke blogger.com untuk mengedit blog saya tersebut, ternyata bisa masuk. Aneh juga, apa alasan admin memblokir blogspot.com.

Saya yakin sekolah ini ingin membatasi akses para siswa dan guru untuk masuk ke situs-situs yang "mengganggu" proses belajar. Yang menarik, hampir semua guru sekolah tersebut memiliki account Facebook dan aktif di situs jejaring sosial ini. Di lab komputer, di kantor staf dan guru, hampir semua bisa akses Facebook. Padahal persepsi di banyak institusi pendidikan selalu menyudutkan Facebook sebagai salah satu tempat negatif di Internet yang membuat orang kecanduan dan cenderung tidak produktif saat terkoneksi ke Internet. Bagi saya, sekolah ini tergolong "modern" karena tetap mengijinkan Facebook masuk sekolah. Salut...!

Namun kenapa mereka menghadang blogspot.com? Padahal, blogspot.com adalah salah satu domain dengan isi/content paling kaya di Internet. Kaya ilmu, kaya variasi, kaya kontributor, kaya content pendidikan, kaya segalanya. Tentu saja banyak juga penggunaan yang tidak benar di blogspot.com, namun akan terlalu naif memblokir blogspot.com di sekolah karena kekayaan konten yang ada didalamnya.

Tapi saya yakin pasti ada alasan tersendiri mengapa mereka memblokir blogpot.com.

Di masa kini, hotspot bebas di sekolah, baik sekolah tinggi hingga ke sekolah dasar, sudah sangat luas diimplementasikan. Sungguh menarik untuk mengamati fenomena ini dan mencari terobosan-terobosan kreatif khas Indonesia. Terobsan yang paling pas untuk budaya kita.

Bagaimana cerita di tempat anda?

1 comment:

shana said...

belog yang best.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...