Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

27 December 2006

Simpan File Online Gratis

Layanan penyimpanan file online sebenarnya sudah ada sejak lama, hanya saja, dulu kapasitasnya masih sangat kecil. Saya masih ingat ketika Xdrive memberikan (kalau tidak salah) hanya 1 MB of storage beberapa tahun lalu, kalau mau 5GB harus bayar $10 per tahun. Sekarang? Xdrive menyediakan 5GB free.

Yang menarik, Google hingga kini belum menyediakan file storage online semacam ini, padahal begitu banyak service yang ditawarkan Google, semuanya berhubungan dengan penyediaan kapasitas yang besar. Gmail hampir 3GB free, Blogger hampir unlimited, kemudian ada Google Page Creator yang bisa simpan free 100 MB. Belum lagi Google Apps for Your Domain yang menyediakan 2 GB free mail server.

Yang lain, rasanya masih banyak, tapi rata-rata setelah saya coba, terlalu banyak aspek komersial. Ada yang harus selalu digunakan, kalau tidak, 3 bulan account akan hangus, kuno...

Bagi penggemar web design, kita sering memerlukan online storage yang bisa memberikan URL statik sehingga bisa dipakai untuk menyimpan file image, atau download file di tempat lain tanpa harus memenuhi web server kita. Nah... coba pakai Google Page Creator. Aplikasi online ini sebenarnya diperuntukkan untuk para pemula yang ingin membuat website, memang gampang sekali, pola drag and drop lah... hebat. Tapi... ya... sangat terbatas kemampuannya. Yang justru bisa berguna dipakai adalah penyimpanan file hingga 100 MB nya. OK, setiap file otomatis punya URL statis yang bisa secara mudah dibuat link kearah situ.

Silahkan coba di http://pages.google.com Lumayan lah... kalau perlu space buanyak, tinggal buat multiple account. Sepuluh account sudah bisa dapat 1 GB, besar euy...

Ingat, ini jaman Web 2.0, semuanya semakin besar dan semakin mudah.

Yang lain, yang menarik lagi adalah http://rapidshare.com Layanan yang satu ini benar-benar gila-gilaan, walaupun belum tahu kesinambungannya di masa depan. Tapi konsepnya menarik. Kita tidak punya account. Masuk saja ke website nya, langsung upload file kita. Siapapun bisa meng-upload file hingga 100 MB sekali upload. Tidak ada batasan download traffic juga, 1 file bisa di download unlimited. Setiap file akan mendapatkan unique URL statis. Enak sekali... tapi ya itu, tidak ada privacy karena file kita akan menjadi full milik publik, tidak bisa dihapus atau diganti... dan tampaknya bisa di search (searchable). Mungkin kedepan mereka ingin mendapat pemasukan uang dari sisi ini.

Selamat mencoba...

Update:
Bagi yang senang buat web, silahkan coba freehostia.com, ini juga gila-gilaan, free dengan fitur sbb:

  • 250 MB disk space
  • 5 GB bandwidth
  • 2 domains hosted
  • No forced ads
Pokoknya persis seperti kita hosting di tempat berbayar biasa. Kalau belum punya duit, kita bisa pakai subdomain dari mereka, jadi alamat web kita adalah http://namakita.freehostia.com. Tapi kalau sudah punya uang, bisa beli domain sendiri dan kita bebas pakai selama masih dalam batas 250 MB (contoh teman saya yang pakai di http://madhy-cyber.web.id. Sip kan? Gak ketahuan sama sekali kalau itu free hosting). Untuk pemula dan pengguna sederhana, sangat OK. Tapi kalau website nya sudah ramai, kendala akan ada di limit traffic yang hanya 5 GB per bulan.



Update:
Freehostia tewas utk pengguna dari Indonesia. Info terbatas yang saya dapat, pengguna dari Indonesia yang menggunakan IP Indonesia ditolak masuk. Entah kenapa? Mudah-mudahan tidak selamanya...

8 comments:

mangkubrata said...

bagus juga informasi nya nih. sering2 dibagi info yang beginian mas... ho... ho... ho...

ical said...

Betul bung.. Kalo masih dalam tahap belajar web mending kita pake webhosting gratis aja.. buanyakk ko sekarang hostingan.. blog ku juga pake hosting gratis .. silakan mampir ke blog saya www.belajarpajak.co.nr

Mohamad Adriyanto said...

update dikit, freehostia bangkrut. kacau juga. emang terlalu generous sih... kalo gratis susah juga dong...

Mohamad Adriyanto said...

saya mau belajar pajak nih. visit dulu ke belajarpajak.co.nr :-)

jangan lupa visit juga ke atom mobile portal www.atom.web.id

Alex L. Setiawan said...

lagi cari cari informasi untuk simpan file foto nih..biar gak makan tempat di webku...

neneng said...

makasi ya mas infonya..tapi sepertinya aku masih harus banyak belajar ni..salam kenal yaa..

Dony said...

Bang, desain webnya bagus juga. Saya pengen juga bisa bikin blogspot kaya gini, bisa kasi referensi ga? Source template-nya darimana neh?
email saya:
dony_unpad@yahoo.co.id

ranger merah said...

wah baru tau ada yg gratisa kaya gini. thanks ya buat infonya..

oia, jangan lupa mampir ke sini ya...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...