Search This Blog

Hexatar - Make your own cartoon picture

13 June 2006

Web-based Office Sudah Dekat

Beberapa waktu lalu, sulit bagi banyak orang untuk membayangkan aplikasi seperti Microsoft Office bisa di-online-kan. Bayangkan saja, dengan seabreg features yang dibawa, bagaimana bisa semua dibawa ke Internet dengan segala keterbatasannya, terutama bandwidth.

Namun setelah beberapa hari terakhir ini saya secara agak intensif menulis lewat blog pribadi saya di Blogger.com dan menggunakan text editor yang sangat manis, sederhana dan powerful, saya pikir Office Online akan segera bisa diaplikasikan secara luas dan lebih canggih.

Bayangkan, kalau dulu kita paling banter hanya bisa mengatur font, ganti font color, font size, bikin bullet atau cut & paste lewat berbagai text editor yang banyak bertebaran di Internet, saat ini dengan Blogger kita bisa melakukan insert image dan kemudian di drag & drop di seantero halaman. Lebih leluasa lagi, bagi pengguna Internet dial-up seperti saya, dalam keadaan offline pun text editor ini bisa dipakai penuh dengan features yg ada. Plus... untuk nulis dalam bahasa Inggris yang kerap saya lakukan, Blogger juga dilengkapi dengan spell checker.

Memang beberapa features yang saya sebutkan diatas telah banyak digunakan di berbagai layanan online di Internet. Setahu saya Yahoo! Mail menggunakannya dengan sangat baik. Namun terobosan yang dilakukan oleh Google lewat Gmail dan Blogger memang harus diacungi jempol. Mereka banyak menggunakan Java dalam men-develop aplikasi berbasis web. Jadi PC kita akan melakukan download diawal session, data dan aplikasi dibawa masuk dulu ke PC agar tidak berat dalam pengoperasiannya, hemat bandwidth juga. Dengan efisiensi coding yang sangat bagus, besaran file yang harus di download jadi kecil sekali padahal isi aplikasinya sangat padat.

Beberapa waktu lalu saya juga mencoba (kalau tidak salah namanya) Google Personalized Start Page yang alamatnya di www.google.com/ig dimana untuk pertama kalinya saya takjub melihat sebuah web page yang begitu pintar dan interaktif. Kita bisa drag & drop content secara sangat mudah di sebuah browser...!

Saya pikir dengan semakin banyak pihak mendedikasikan risetnya kearah aplikasi semacam text editor begini, maka tidak lama lagi saya punya keyakinan bahwa Office akan berpindah dari PC-based menjadi web-based. Kita tunggu saja. Begitu luas peluangnya dan begitu exciting kemungkinan-kemungkinan yang bisa dibawanya nanti. Storage bisa online, sharing file begitu mudah, kolaborasi enak, apa lagi?

Kalau tidak salah saya memang pernah baca bahwa Google Inc. memang berniat untuk membuat Office versi web begini. Kalau lihat gerakan mereka, rasanya memang dalam waktu dekat kita akan bisa mencoba versi beta dari layanan terbaru Google tersebut. Google memang jenius...!

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...