Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

22 January 2007

Online Job Search, Efektifkah?

Online job search sebenarnya sudah cukup lama ada dan dimanfaatkan baik oleh job seekers maupun perusahaan yang mencari karyawan. Yang paling terkenal seperti Monster.com, Hotjobs.com serta JobsDB. Masih banyak lagi yang tersegmentasi pada bidang tertentu dan berbayar (paid service) seperti Dice.com yang khusus untuk pekerjaan bidang IT. Ada juga service online cari kerja yang dikemas ala MySpace dan Friendster, namanya LinkedIn.com. Semua berlomba-lomba untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya company yang posting job opening serta job seekers yang mencari pekerjaan.

Di setiap web service itu, disediakan bermacam info yang sangat lengkap yang berhubungan dengan job seeking seperti tips membuat surat lamaran, resume, persiapan interview, dll. Posting job opening juga sangat mudah dilakukan, sama juga dengan posting lamaran ke opening tertentu, sangat mudah. Terus terang, saat ini pencari kerja dan perusahaan sangat dimanjakan dengan segala fasilitas yang ada.

Namun beberapa perusahaan secara sengaja memang tidak memanfaatkan fasilitas online job search seperti diatas, namun membuat sendiri job opening di website mereka. Alasannya bisa berbeda-beda, bisa karena banyaknya job yang ditawarkan, bisa pula karena masalah security, atau mungkin bisa karena sebab lain. Ada banyak aplikasi gratis maupun yang bisa dibeli dan langsung dipakai di website perusahaan tanpa harus melakukan programming yang rumit. Aplikasi bisa langsung dipakai online dengan cepat. Contoh seperti www.microsoft.com/careers yang menyediakan fasilitas lengkap untuk job search.

Tapi seberapa efektifkah metode online ini? Kalau ada yang punya pengalaman, silahkan bagi disini, berikan komentar anda, baik dari sisi perusahaan yang mencari karyawan atau dari sisi para job seekers…

>> Di publish juga di HRI Blog - hri.or.id/blog


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...