Search This Blog

Hexatar - Make your own cartoon picture

13 February 2007

Cari Blog Indonesia? Coba WartaBlog.com

Dengan semakin banyaknya blog yang dibuat oleh orang Indonesia dan berbahasa Indonesia (benar-benar banyak loh...), maka memang sangat diperlukan adanya aggregator khusus untuk mengumpulkan semuanya. Sudah ada beberapa inisiatif kreatif yang muncul, namun sebagian besar tidak komunikatif, navigasi buruk dan pengunjung malas untuk berlama-lama di website. Salah satunya yang menarik perhatian saya adalah WartaBlog.com (WB) yang dikelola oleh Muhammad Fakhrurrazi. Dengan bantuan RSS dan desain site yang nyaman, saya pikir website ini bisa meledak di masa tidak terlalu lama lagi. Namun WartaBlog.com harus mulai melakukan otomatisasi proses daftar dan display. Saat ini, karena pertimbangan yang saya tidak ketahui, proses berjalan manual. Sulit untuk menandingi bertambahnya volume blog site yang dipastikan akan mendaftar dalam waktu dekat.


Namun, melihat ketelitian WartaBlog.com dalam mengumpulkan, mengatur dan memasukkan berbagai RSS feed dari Indonesia dan luar negeri, saya pikir situs ini sudah membuat dirinya selangkah lebih depan dibanding situs sejenis lain di Indonesia. Mungkin memang tidak akan secanggih Technorati, tapi WartaBlog bisa masuk ke segmen khusus blog Indonesia. Keunggulan WartaBlog.com, setiap orang yang ingin mencari blog yang sesuai kebutuhannya, tidak harus masuk ke link tanpa tahu sedikitpun apa yang akan muncul setelah di klik, pembaca bisa melihat-lihat dulu cuplikan content yang tersedia, kalau cocok, baru masuk dan mungkin subscribe.

Yang menarik, ada beberapa link khusus yang memanfaatkan Google untuk menampilkan search query tertentu seperti tentang gadget, blog, dll yang diambil dari Detik. Yang ribet, pembuat mencoba melakukan kategorisasi atas blog yang ada kedalam beberapa kategori, saya membayangkan betapa pusingnya pengelola untuk melakukan proses ini karena harus bolak-balik masuk ke masing-masing blog, mencoba menakar/menduga blog itu masuk kategori mana, dst. Kalau blog yang harus dianalisis mencapai ribuan situs, berapa tenaga kerja haruis dipekerjakan? Atau memang sudah ada cara untuk melakukan kategorisasi otomatis?

Nilai saya untuk situs WartaBlog.com adalah bintang 3 (***). Potensi besar untuk maju, namun bisa lebih baik apabila dilakukan berbagai perbaikan. Yang penting, listen to your customer.

4 comments:

BERBURU DUIT DI DUNIA MAYA said...

tolong saya orang yang baru mau belajar di dunia intenet khususnya blooger, tolong pendapat saran kritik yang bisa halaman blog saya menarik,

terimakasih bagi anda yang mau berbagi,

putra

nizar zulmy said...

tolong saya orang yang baru mau belajar di dunia intenet khususnya blooger, tolong pendapat saran kritik dan jika halaman blog saya menarik,

terimakasih bagi anda yang mau berbagi,


nizar zulmy

Zaini Addimawy said...

yu saling berbagi baik pengetahuan maupun pengalaman bahkan hal-hal yang unik.

Basketball Champions said...

keren..
saling berbagi^^

knjungi jga ya blog ku..
basketballall-star.blogspot.com

..thnx..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...