Search This Blog

Hexatar - Make your own cartoon picture

12 February 2007

Perang Online Hillary Clinton vs Barack Obama

Genderang perang Pemilihan Presiden USA 2008 sudah mulai terdengar. Yang paling panas tentu saja persaingan merebut kursi wakil Partai Demokrat antara calon kuat presiden wanita pertama Hillary Clinton dengan calon kuat presiden kulit hitam pertama Barack Obama (yang konon pernah sekolah di SD di Indonesia). Di era Web 2.0, perang mereka punya battleground baru yaitu Internet. Battle awal ada di Google. Kemarin sempat terjadi, search Hillary Clinton di Google, hasilnya akan memperlihatkan link ke website mengenai Obama di bagian kanan sponsored link. Tapi hari ini sudah hilang. Kemudian carilah di Google mengenai kedua kandidat itu, link yang muncul sungguh banyak.

Di situs Obama, dia menyertakan pesan-pesannya menggunakan video ala YouTube. Kedua kandidat juga memberikan fasilitas blogging bagi para pendukungnya di website mereka. Website Obama ada di http://www.barackobama.com sedangkan Hillary Clinton di http://www.hillaryclinton.com.

Bandingkan dengan website kanditat Gubernur Provinsi Kalimantan Timur 2008, Awang Faroek Ishak di http://www.awangfaroek.com. Walau masih jauh dari sisi content dan respon publik, paling tidak di tempat saya kecenderungannya sudah kearah sana.

Berikut summary dari apa yang ditawarkan website para kandidat presiden yang sangat mencerminkan prinsip Web 2.0 (user generated service yang sangat bergantung pada kontribusi masyarakat/publik):

Clinton is branding "Team Hillary Action Center" and wants "you" to:

Help Build Our List of Supporters
Host Your Own Hillary Event
Find Events to Attend
Hillraisers: Set a Goal and Raise It
Be a Guest Blogger

Obama is branding "My.BarackObama.com" and wants “you” to:

Create Your Own Profile,
Find Supporters Near You,
Plan and Attend Events,
Network With Your Friends,
Become a Fundraiser,
Write Your Own Blog.

(Sumber: Digital Markets Blog)

Yang juga membuat ramai, seperti juga kalau ada pertunjukan layar tancep di negeri kita, para pedagang kecil pada berdatangan mengais rezeki. Begitu pula di ajang pertarungan calon presiden ini. Coba saja lihat hasil search tentang mereka di Google, anda akan menemukan di sponsored link maupun di hasil search, situs-situs yang menjual berbagai cendera mata dari para kandidat, pin, kaos, buku, dll.

Yang menarik lagi, keduanya memanfaatkan kepopuleran YouTube online broadcast dengan mengudarakan Hillary TV dan Obama TV. Ini link Hillary TV di YouTube.

Ramai lah pokoknya... Inilah bukti bagaimana USA, dengan segala kelemahan dan kebobrokannya masih memimpin dunia dalam hal kreasi dan implementasi teknologi.

1 comment:

konsultan pajak said...

perang yang dingin tuch..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...