Search This Blog

Hexatar - Make your own cartoon picture

08 April 2008

Download Animation, Application, Game Berbasis Flash

Bagi yang suka penasaran melihat begitu banyaknya animasi dan aplikasi bagus di Internet (termasuk game) dan ingin memilikinya, maka mudah-mudahan petunjuk praktis ini bisa dipakai. Sebagian besar animasi dan aplikasi itu dibuat menggunakan Adobe/Macromedia Flash atau aplikasi lain yang memiliki extension SWF. By default, tidak tersedia cara cepat untuk men-download-nya dari browser anda (IE, Firefox, Opera dll).

Ada banyak cara melakukannya, yang paling gampang adalah melakukan instalasi add-on khusus dalam browser kita. Contoh saya kali ini adalah Firefox. Yang paling gampang setelah saya coba beberapa add-on untuk ini adalah "Download Embedded 0.5".

Enaknya? Karena ada button/tombol dibagian kanan bawah browser anda berupa panah merah mengarah kebawah yang langsung akan membantu anda mengidentifikasi file SWF yang ada didalam halaman web yang anda buka. Klik dan ikuti petunjuknya, maka anda akan mendapatkan file berbentuk SWF yang bisa anda mainkan hanya dengan men-drag/menarik filenya ke Firefox. Kalau anda open file SWF ini langsung dari Windows Explorer tidak bisa, kecuali jika PC anda telah ter-install Flash/SWF player.

Cara lain yang agak rumit sedikit adalah mengetik "about:cache?device=disk" (hilangkan tanda petik) di box alamat Firefox. Anda akan mendapatkan daftar lengkap dari cache/penyimpanan sementara Firefox atas semua file yang di download oleh Firefox selama anda browsing. Tinggal cari saja menggunakan Edit - Find untuk mencari SWF file. Kalau dapat, anda bisa langsung klik untuk memainkannya, atau klik kanan di link nya, save link as, beres...

Cara kedua ini akan berguna ketika kita berhadapan dengan Flash file yang terbuka di window Firefox dimana tidak muncul button panah merah dari add-on Download Embedded.

Semoga berguna, terutama bagi para guru, dosen yang ingin melengkapi materi ajarnya, atau bagi maniak game yang suka dengan game di Internet dan ingin menyimpan dan memainkannya secara offline.

1 comment:

Anonymous said...

Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
http://www.infogue.com/
http://www.infogue.com/software/download_animation_application_game_berbasis_flash/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...