Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

24 July 2008

Google Knol Akhirnya Diluncurkan

Akhir 2007 lalu, saya menulis tentang "Google Knol, Initial Review", produk terbaru Google Inc. yang terbaru saat itu, status masih belum exist. Silahkan baca untuk melihat lebih jauh apa yang dimaksud dengan Knol milik Google itu. Malam ini saya dapat email bahwa layanan ini sudah resmi di-launch. Silahkan masuk ke versi Beta di http://knol.google.com. Tampilannya sangat sederhana, tidak ada tanda apa-apa bahwa situs ini baru diluncurkan. Atau info tanggal launching yang saya dapat salah?

Saat saya review akhir tahun 2007 itu, situsnya belum ada, baru sekilas info tentang layanannya serta beberapa ahli yang sudah ikut menulis untuk edisi perdananya. Di situs resmi edisi terakhir ini, muncul statement bahwa layanan ini lebih luas dari hanya sekedar sebuah "ensiklopedia online yang terbuka". Ada nuansa kolaborasi online yang sangat kuat disana. Tentu saja belum ada versi Bahasa Indonesia. Selamat menikmati dan selamat ikut berkontribusi.

Mudah-mudahan saya segera punya cukup waktu untuk memberikan review lebih lanjut atas layanan ini... bakal heboh dan hebat.

Sekilas apa itu Knol dari situsnya:
Knol offers:
* Ease of use
All you need is an account, a name and a desire to write and we'll take care of the rest.
* Control
You specify the level of collaboration you want with the community. Your knol, your voice.
* Community
You can connect with other experts in your area of interest to share and grow knowledge.
* Visibility
We value and promote authorship. Great content will be visible on any search engine.
* Growth
Sharing your knowledge with the world is rewarding for everyone.

2 comments:

Mulyanto said...

Sekedar sharing. Ada bedanya dengan Wikipedia?

Pada Knol, penulis artikel bisa menentukan siapa yang boleh mengubah isi artikelnya. Tapi tiap orang tetap bebas menulis artikel versinya sendiri.

Kalau wikipedia, tiap orang bisa langsung main ketik, sehingga bisa terjadi bolak-balik saling ubah, yang mungkin menjurus ke diskusi yang cukup hangat.

Sistem Knol mungkin ada bagusnya untuk menghindari kasus seperti di atas. Tiap orang bikin sendiri artikel sesuai versi dia. Nggak perlu mencampuri tulisan orang lain :-).

Tapi sebaliknya, sistem Wikipedia sepertinya lebih memudahkan pembuatan satu artikel besar yang komprehensif dan terintegrasi, karena tiap orang dengan mudah bisa memberikan tambahan pada artikel yang sama. Dalam Knol, bisa muncul banyak artikel untuk topik yang persis sama (dalam versi berbeda), banyak duplikasi, dan masing-masing nggak lengkap - sekalipun gabungan semua artikel mungkin komprehensif, tapi lebih repot bacanya.

Mohamad Adriyanto said...

mas mulyanto, bagus sekali ulasan tambahannya. betul, ada banyak beda antara wikipedia dg knol. saya yakin keduanya akan saling mengisi kelemahan satu sama lain.

tapi memang knol berusaha utk menutupi kelemahan utama wikipedia yaitu kredibilitas isi. jadi pembaca akan menilai sendiri keabsahan suatu content dari siapa penulisnya.

pertanyaan berikut, bisa nggak content di knol dijadikan rujukan ilmiah secara formal? kita lihat perkembangannya...

jangan lupa juga, ada ensiklopedia online "sungguhan" seperti microsoft encarta yg juga merupakan saingan dalam bidang yg sama. cuma encarta "tertutup". tapi kelebihannya di kredibilitas isi yg terjamin krn penulisnya jelas dan terpilih serta melalui proses editing dan filtering yg standardized secara ilmiah.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...