Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

01 August 2008

Gspace, Simpan File di Gmail ala FTP Client

Baru saja saya mencoba add-on Mozila Firefox bernama Gspace. Ini adalah add-on unik yang menjadikan browser kita tiba-tiba menjadi FTP client dengan server online penyimpan menggunakan account Gmail. Ide yang sangat bagus karena begitu "baiknya" Google Gmail yang menyediakan kapasitas penyimpanan email online yang sangat besar, saat ini mencapai 6GB. Namun tidak semua orang memerlukan kapasitas email sedemikian besar. Nah, Gspace menyediakan "alat bantu" untuk menggunakan Gmail sebagai server penyimpan online gratis untuk kita.

Setelah di install, add-on ini akan membuka tab baru dengan tampilan persis sebuah FTP client. Bagian kiri berisi "file explorer" dari komputer kita, sebelah kiri adalah "file explorer" dari virtual drive kita di Gmail. Dengan sangat mudah bisa kita pindahkan file-file dari keduanya tanpa hambatan sama sekali. Terasa sangat cepat untuk file-file kecil yang saya coba. Bahkan kita bisa create folder, hapus, tambah, dst. Bahkan upload beberapa file sekaligus. Hebat...

Hebatnya lagi, account yang login dari Gspace ini bisa berbeda dengan account Gmail "normal" yang kita sedang buka dari Firefox kita. Kita dengan mudah bisa buka account baru, login dari Gspace, buat lagi account lebih dari satu pun tampaknya bisa, saya belum coba. Pada saat yang bersamaan, kita tetap dapat dengan nyaman mengelola email Gmail kita (dengan account asal) di tab browser yang lain. Sesuatu yang tidak dimungkinkan bila kita masuk ke lebih dari satu account Gmail secara normal dalam satu browser.
Update:
Ralat sedikit, tampaknya pernyataan saya di 1 paragraf diatas tidak benar. Mohon maaf. nanti saya cek lagi :-(

Namun saat saya logout dari Gspace, browser Firefox saya crash, entah kenapa. Kemudian saya menulis tulisan ini :-) Belum tahu performance nya kedepan nanti. Tampaknya karena masalah login dobel.

Hal lain yang mungkin membuat layanan ini agak mengganggu adalah adanya 1 email yang dikirim dari account kita ke account kita sendiri setiap ada upload 1 file. Email ini berisi attachment file yang kita upload dan sebuat file text bernama metadata.txt. Saya coba delete file dan download file dari server online ke komputer kita, email yang mengganggu tadi tidak muncul. Jadi tampaknya hanya terjadi untuk upload data.



Satu hal yang pasti, kegiatan ini adalah kegiatan "nyeleneh" melalui backdoor layanan resmi Gmail. Gspace bukan layanan resmi Google, tapi dibuat oleh programmer-programmer "Robin Hood" yang memanfaatkan layanan "orang kaya" untuk membantu "rakyat kecil" seperti kita. Gmail, saya yakin tidak mendorong orang untuk menggunakannya. Tapi saya belum lihat ada complain dari Google Gmail. Kemungkinan besar layanan seperti ini akan tetap dibiarkan oleh Gmail karena mereka juga masih dalam versi beta. Entah nantinya... Tapi siap-siap saja suatu saat file-file penting anda tiba-tiba tidak bisa diakses dari interface Gspace.

Tetapi, tampaknya file anda tetap akan aman ada di server Google Gnmail. Kenapa? Karena tampaknya Gspace tetap memanfaatkan server Gmail secara legal, mereka menaruhnya dalam bentuk "file attachment" dari email, namun dibantu melakukannya secara "shortcut" melalui program kecil yang user friendly.

Kalau mau yang benar-benar official dari Google untuk menyimpan file, saat ini bisa memakai Google Pages di http://pages.google.com (ini aslinya layanan buat dan hosting website gratis, tapi bisa untuk menyimpan file hingga 100 MB). Kalau mau menunggu lama, konon isunya akan ada layanan Google resmi yang akan dinamakan Gdrive. Prinsipnya sama dengan Gspace, namun resmi.... entah kapan.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...