Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

02 August 2008

Life After Eee PC

Sudah sekitar 2 minggu saya kembali hidup tanpa Asus Eee PC 4G. Tidak banyak yang berubah, namun perubahan paling nyata adalah menurunnya produktivitas menulis blog. Dengan berat kurang dari 1 kg, dengan besar hanya seperti buku agenda ukurang sedang, maka Eee PC terus terang saja sangat enak dijadikan sebagai alat tulis portable paling sip bagi seorang blogger dan "tukang presentasi" seperti saya.

Saat ini saya kembali menggunakan laptop ECS tua saya yang berat dan ukuran screen 14 inch. Sangat besar dan membuat saya jadi terlalu malas untuk membawanya kemana-mana. Paling jauh dibawa ke meja presentasi di ruang rapat atau di kelas. Tapi, saya merasa ada yang "kembali" saat ini. Sewaktu memakai Eee PC, dengan screen yang sangat kecil ukuran 7 inch dan format wide screen (seukuran portable DVD player), kita harus melakukan pekerjaan dalam layar berukuran "aneh" yaitu 800x400 yang membuat layar jadi sempit dan kita harus up and down setiap saat untuk melihat segala sesuatunya full screen. Ingat bahwa komputer saat ini dirancang menggunakan dimensi 800x600. Ada perasaan semacam "terbebas" dari ruang sempit dan keluar ke alam bebas.

Sekedar intermezo saja. Mudah-mudahan tidak mengurangi semangat anda yang sedang mencari laptop ultra kecil seperti Eee PC karena hal-hal postifnya juga banyak sekali seperti yang sudah banyak saya ceritakan sebelumnya (buka kategori/label "Eee PC" di blog saya ini.

Yang menarik, ketika melihat gambar Acer AspireOne yang baru saja diluncurkan dan dibuat untuk mengalahkan Eee PC, saya jadi tertarik kembali untuk membeli. Padahal spec sama dan Aspire juga membawa screen aneh yang sama, cuma dengan dimensi lebih besar, 1024.

4 comments:

Agung said...

ternyata problem pemakai eee pc nampaknya sama, layarnya up down too much, makanya di aussie nggak boom produk ini. Kalau acer aspire one di aussie ditawarkan versi 120GB HDD win xp, so harganya sekitar $600. eee pcnya dikemanaiin pak..? kl saya pribadi penggemar acer, mengingat sebagian besar dosen stikom laptopnya acer.

Mohamad Adriyanto said...

pak agung, aspire one $600? mahal juga ya? tapi mungkin termasuk murah sih dibanding yg lain. saya lihat di webnya, acer one pakai ssd dan bukan hdd? benar begitu?

eee saya sedang dlm proses dilego :-) sudah gak diangan saya lagi... mau?

Agung said...

Toko elektronik di adelaide yang sudah jual langsung "Dick smith"
www.dse.com.au, aspire one untuk yang SSD nggak dijual,cuma versi win XP 120GB HDD, harga $599 tapi cashback $99 after 3 bulan. di Bhineka saya lihat 8GB SSD cuma 4,1 juta. Hayo.. pak adriyanto saya dukung jadi pembeli aspire one pertama di kaltim, Nanti jangan lupa cerita2 pengalamannya. Saya juga lg dalam rencana he..he.. mohon doanya.

Mohamad Adriyanto said...

trm ksh banyak pak agung... gara2 komentarnya, saya tulis khusus tentang acer apire one di http://teknohikmah.blogspot.com/2008/08/acer-aspire-one-calon-raja-umpc.html

ditunggu pengalamannya kalo sudah beli nanti. kalo saya sih nunggu dulu 2-3 bulan, kemungkinan harga bisa turun :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...