Search This Blog

Hexatar - Make your own cartoon picture

07 September 2008

Google, Selamat Ulang Tahun ke-10

Google berulang tahun ke-10 minggu ini (versi Wikipedia tanggal 7 September, domain Google.com dibuat 15 September, Google sendiri sering merayakannya 27 September). Dari perusahaan yang bermula di garasi mobil, saat ini menjelma menjadi raksasa konglomerat dengan berbagai macam bisnis. Dari 2 orang karyawan menjadi 15 ribu karyawan. Perusahaan dengan harga saham USD 85 per lembar saat go public Agustus 2004 dan saat ini mencapai harga saham USD 465 (sempat loncat ke titik tertingg USD 715 tahun lalu). Hanya dalam 10 tahun... (image disamping adalah logo spesial ultah Google ke-9 tahun lalu, versi ke-10 belum ada).

Perusahaan yang dulu begitu lincah dan memiliki banyak ide brilian ini semakin lama semakin mulai merasa "kegemukan" dan mulai menjadi seperti IBM atau Microsoft, dua perusahaan raksasa IT dari USA lainnya. Begitu banyak proyek baru yang dibuat dan dikerjakan. Dengan 2 bisnis utama yang saling mendukung dan mendatangkan keuntungan sangat besar: (1) iklan online berbasis Internet dan (2) seearch engine, Google Inc. (begitu nama resmi perusahaan ini) mulai memperlihatkan signal-signal sebagai perusahaan besar yang birokratis. Tapi dimata khalayak, Google tetaplah digemari, dipuja dan dipuji-puji terus. Tidak bisa dipungkiri juga, Google telah menjadi salah satu pendorong utama majunya dunia IT dunia... Baca terus pantauan saya terhadap konglomerasi Google yang semakin menggurita.

Selamat ulang tahun... Usia 10 tahun masih terhitung "anak kecil" di dunia manusia. Namun di dunia bisnis IT, usia segitu bisa jadi adalah usia ranum nan produktif... Atau malah usia puncak yang menjelang titik penurunan...?


2 comments:

Tips Trik Komputer said...

Asssalam..>Wr.Wb,,


Congratulation for GOOGLE,, Hehe dulunya saya anggap Google itu Software mainan Kepahlwanan yang dulu ada..But Subhanallah.. Allah menunjukkan hikmah kepada segenap Umat Islam Untuk Bekerja layaknya 2 pendiri GOOGLE tersebut..

Cahyo Google..

Last But Not Least,, My Dream Is Work in Google too..



Wass...

octam said...

lagi nyari logo google pas lagi ulang tahun.

sepertinya yang ke sepuluh emang belum ada, padahal yang ke 11 bagus loh.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...