Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

05 January 2011

Facebook di Amerika dan Indonesia

Beberapa teman bule saya di Amerika ternyata hanya memiliki sangat sedikit teman di Facebook. Tentu saja "sedikit" jika dibanding rata-rata para pengguna Facebook di Indonesia. Teman Facebook Indonesia saya memiliki jumlah teman yang kadang kala agak tidak masuk akal. Saya sendiri memiliki ribuan teman, walau sebagian besar adalah "teman" yang tidak saya kenal. Kenapa bisa demikian? Penjelasan paling logis adalah karena orang Indonesia memang bersifat sosial dan komunal, sementara orang bule Amerika lebih individualistis. Hal ini mengakibatkan Facebook jauh lebih cepat berkembang di kalangan masyarakat seperti Indonesia, sementara di negara barat pertumbuhannya tidak seheboh disini.

Facebook, secara bisnis saat ini memiliki nilai 50 milyar dollar (setara 500 triliun rupiah). Angka yang sangat fantastis mengingat tahun 2007 hanya bernilai 15 milyar dollar. Kenaikan lebih dari 3 kali lipat dalam waktu hanya 3 tahun. Namun yang menarik, di kalangan masyarakat Amerika sendiri persepsi terhadap Facebook tetap terus miring, artinya sebagian tetap terus menyoroti Facebook sebagai wahana yang harus dihindari karena sangat longgar dalam menjaga privacy penggunanya. Sebagian menganggapnya sebagai media online yang hanya populer di kalangan istri yang kesepian, remaja yang kuper, selebriti yang memakainya sebagai simbol ketenaran, serta para penggila teknologi yang tidak peduli dengan privacy. Sebagian masyarakat lain yang tergolong orang sukses dan sibuk, profesional, manula, cenderung tidak menggunakan atau tidak aktif di Facebook.

Hal sebaliknya terjadi di Indonesia. Melihat kecenderungan ini, saya melihat peluang yang sangat besar bagi kita untuk "melompati" orang-orang barat. Facebook, tak dapat disangkal lagi, adalah teknologi yang sangat luar biasa, sangat terbuka untuk dimanfaatkan dalam berbagai hal. Mulai dari sekedar berkomunikasi, menjalankan bisnis, bekerja, dll. Kita melihat banyak hal positif, banyak terobosan kreatif yang telah dilakukan melalui teknologi Facebook. Biarlah orang Amerika tetap skeptis, kita harus tetap semangat memanfaatkannya, siapa tahu "the next big thing" dalam social media akan bermunculan dari Indonesia.

1 comment:

sewa komputer surabaya said...

Face Book sangat menggebrak dunia, semoga tetep eksist.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...