Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

31 July 2011

Euforia Google+, Akankah Sesuai Ekspektasi Kita?

Baru genap 2 bulan umurnya, layanan Google yang baru ini memang lagi "hot". Diawal peluncurannya, begitu banyak pihak sibuk mencari invite karena tidak semua orang bisa mendaftar di layanan baru ini. Diberi nama Google+ (dibaca Google Plus), layanan ini bahkan belum masuk tahap alpha atau beta, tahapan yang biasa dilalui dalam proses pengembangan software dimana sebagian orang bisa ikut mencoba dan memberi masukan. Google+ masih tahap "field trial". Baru dibuat, masih belum ada bentuk bakunya, tapi sudah dilempar ke publik.Konon dalam waktu kurang dari 1 bulan, jumlah penggunanya telah mencapai 18 juta user. Sebagian pengguna awal ini adalah para "geek" yang biasanya pelit dalam memberi tanggapan positif. Nah... dalam kasus Google+ justru sebaliknya yang terjadi. Hampir semua review berisi tanggapan positif, padahal produknya sendiri belum ada bentuk :-(

Hebat... memang sebagian besar penilai lebih melihat potensi Google+ kedepan. Bayangkan jika seluruh produk Google yang hebat seperti Docs, Gmail, YouTube, Picasa, Blogger, Android, dll bisa terintegrasi dengan dukungan puluhan ribu programmer top dunia di belakangnya. Siapapun yang menjadi musuh akan takut. Namun bagi para pendukungnya potensi ini sungguh membuat hati dan pikiran kita menjadi bersorak sekaligus tegang, akankah layanan ini mampu memenuhi harapan dan ekspektasi jutaan orang yang mulai bosan dan bahkan muak dengan Facebook?

Tapi pertanyaan selanjutnya, apakah Google+ akan bersaing dengan Facebook? Bisa jadi bukan. Dengan Twitter? Bukan juga... dengan Microsoft dan Yahoo? Mungkin juga... Lalu dengan siapa? Jawaban yang paling tepat mungkin adalah dengan "ekspektasi masyarakat". Ingat bahwa Google pernah punya pengalaman buruk dengan berbagai produk berkualitas tinggi seperti Wave, Knol, Buzz, Orkut, dll. Enjoy... dan masukkan saya dalam circle Google+ anda :-)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...