Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

10 September 2011

Fotografi Street Fashion & Street Style Makin Semarak

Jujur saja saya baru tahu ternyata banyak orang yang mengabdikan dirinya bekerja secara profesional sebagai fotografer busana jalanan. Maksudnya? Mereka adalah fotografer yang gentayangan di jalan-jalan ramai di kota-kota besar dunia untuk memotret pria atau wanita di jalanan yang dianggap memiliki gaya berbusana unik dan menarik. Foto-foto ini tentu saja sebagian besar adalah foto yang diambil tanpa seizin orang yang dipotret. Agak aneh juga praktek ini bisa berjalan mulus di negeri dimana privacy begitu diagungkan. Namun tampaknya sebagian fotografer juga memakai foto model tersendiri namun lokasinya tetap di jalanan. Sebagian yang lain tampaknya minta izin terlebih dahulu sebelum memotret.


Nah, kenapa saya membawa topik ini dalam blog Hikmah Teknologi? Ternyata menurut pengamatan Mashable, street fashion photography ini semakin semarak dengan hadirnya ponsel atau smartphone berkualitas tinggi. Juga karena ponsel-ponsel pintar didukung oleh aplikasi editing foto instan yang sangat mudah digunakan, terutama setelah ramainya aplikasi Instagram di iPhone yang makin luas penggunanya. Dengan mobile phone, kegiatan ini bisa semakin mudah dilakukan karena fotografer jadi tidak terlihat menyolok di keramaian. Serta juga karena kemudahan mendapatkan gambar maksimal karena bagusnya kualitas kamera serta aplikasi editing yang canggih namun sederhana.


Ada banyak situs yang mengabdikan dirinya untuk menampilkan dan mempublikasikan secara profesional foto-foto "model jalanan" ini, baik skala global maupun skala lokal. Coba lihat http://streetpeeper.com dan koleksi mereka yang dipotret di Jakarta Street serta versi lokal yang agak "unyu" foto-fotonya di JAKARTA STREET LOOKS. Mau coba di daerah anda?

Dari mana mereka mendapatkan uang pemasukan? Saya tidak tahu, namun tampaknya sebagian besar situs yang saya temukan mengandalkan pada pemasukan dari klik iklan para pengunjungnya. Namun sebagian besar lainnya sekedar menjalankan hobi.

Bagi para fotografer digital Indonesia yang saat ini semakin banyak dan datang dari berbagai lapisan, rasanya bidang ini masih sangat sedikit yang mengerjakan di Indonesia. Padahal potensi mendapatkan gambar-gambar yang trend dan bagus sangat besar. Masyarakat kita saat ini semakin tinggi level selera berbusananya, kemanapun pergi pasti tetap harus trendy dan perlente. Ayo dipotret...!

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...