Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

24 January 2012

CEO Baru RIM: Kombinasi Kekuatan Kanada dan Jerman

Thorsten Heins, lulusan Program Master di Universitas Hannover Jerman bidang Science & Physics, mantan Chief Technology Officer di Siemens Communications Division, Januari ini diangkat menjadi CEO (Chief Executive Officer) dan President RIM sang pemilik BlackBerry. Setelah mengabdi beberapa waktu di RIM sebagai COO (Chief Operating Officer) bidang Product Engineering, Thorsten Heins saat ini menjadi orang nomor satu di RIM. Mampukah dia membawa RIM bangkit dan kembali ke masa jayanya? Yang menarik adalah bahwa ternyata Thorsten Heins adalah "asli" Jerman. RIM sendiri adalah perusahaan yang sukses karena "asli" Kanada. Ke-Kanada-an RIM yang unik ternyata mampu membawa kejayaan. Saat ini RIM menghadapi persaingan yang sangat tajam dengan saingan tingkat tinggi dari raksasa seperti Apple, Google, Samsung, Nokia, Microsoft, dll. Mampukah kehebatan engineering ala Jerman yang digabung dengan kreativitas ala Kanada mampu membawa sesuatu yang inovatif dan kemenangan di pasar global? Kita tunggu bersama. Pemilihan CEO suatu perusahaan sekelas RIM memang bukanlah hal yang gampang dilakukan. Pencarian mempertimbangkan banyak aspek, calon juga berasal dari seluruh dunia.

Pada kasus Nokia sebelumnya, yang terjadi adalah seorang berkebangsaan Kanada bernama Stephen Elop yang dibesarkan oleh Microsoft di Amerika Serikat, akhirnya ditunjuk menjadi CEO Nokia yang asli dari tanah Eropa Utara yaitu Finlandia. Nokia sukses karena keunikan gaya dan strategi manajemen ala Finlandia. Hampir seluruh pejabat kunci adalah orang asli Finlandia. Namun ketika krisis melanda perusahaan, pilihan jatuh pada pemimpin berdarah Kanada dengan pengalaman Amerika.

Pada kasus di Indonesia, ada banyak raksasa perusahaan yang beroperasi di negeri kita juga menggunakan CEO dari luar. Beberapa contoh adalah Gunther Scherz (Proton Indonesia), Keizo Okue (Mazda Indonesia), Erik Meijer (Telkomsel kemudian ke Bakrie Telecom), Hasnul Suhaimi (XL Axiata). Mereka terbukti memang mampu membuat perubahan berarti bagi organisasinya. 

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...