Search This Blog

Hexatar - Make your own cartoon picture

03 March 2012

Mengutip Tweet dalam Tulisan Ilmiah

Tweet dalam Twitter semakin diakui dan bahkan diperbolehkan oleh MLA (Modern Language Association) untuk dikutip dalam tulisan ilmiah. Tentu saja kutipan ilmiah demikian juga harus difilter oleh para pengutip sesuai "kelayakan" ilmiah. Berikut cara mengutip tweet dari Twitter yang dikutip dari situs MLA di www.mla.org.

Nama Belakang, Nama Depan (Username). "Keseluruhan tweet tanpa dipotong dan tanpa diubah sedikitpun." Tanggal, Jam. Tweet.

Contoh:
Athar, Sohaib (ReallyVirtual). “Helicopter hovering above Abbottabad at 1AM (is a rare event).” 1 May 2011, 3:58 p.m. Tweet.

MLA secara spesifik menyebut Twitter sebagai sumber tweet yang dimaksud, artinya sementara tweet dari sumber lain belum diatur. Apabila nama belakang dan nama depan tidak ada, maka bisa hanya menggunakan user name tanpa diberi kurung. Menarik juga melihat standar tersebut tidak mencantumkan alamat URL, apalagi kita tahu sungguh sulit mencari (search tweet) di Twitter atas suatu tweet yang spesifik. Jika demikian, akan cukup sulit membuktikan kebenaran sumber kutipan karena sulitnya melacak balik tweet asli (tracing back).

Namun MLA pasti memiliki dasar atas itu. Salah satunya adalah karena Twitter saat ini telah memiliki advanced search dimana kita bisa mencari tweet di database Twitter berdasar berbagai parameter. Silakan coba disini:

https://twitter.com/search-advanced

Adanya fitur pencarian di Twitter tersebut juga membuka banyak peluang bagi para peneliti untuk mengembangkan obyek penelitiannya ke milyaran tweet lain yang relevan atau memiliki makna tersendiri.

Apakah di Indonesia bisa mulai dipakai di skripsi, thesis, disertasi, jurnal? Tergantung ketentuan masing-masing institusi penerbit tentunya. Atau sudah ada yang mendengar dari Pusat Bahasa Kemdikbud tentang hal ini? Silahkan periksa situs mereka disini:

http://pusatbahasa.kemdiknas.go.id

Update 21 Oktober 2015:

Berikut adalah standar dari APA (American Psychological Association) yang dipakai sebagai acuan oleh hampir semua lembaga pendidikan tinggi dan penelitian di Indonesia.

Tweet perorangan atau individu:

Nama Belakang, Singkatan Nama Depan. [Username]. (Tanggal, Bulan, Tahun). Keseluruhan tweet tanpa dipotong dan tanpa diubah sedikitpun [Tweet]. Diambil dari http://....

Contoh:
Gates, B. [BillGates]. (2013, February 26). #Polio is 99% eradicated. Join me & @FCBarcelona as we work to finish the job and #EndPolio [Tweet]. Retrieved from https://twitter.com/BillGates/status/306195345845665792

Penyebutan kutipan dalam badan tulisan:
(Gates, 2013)

Tweet dari grup atau organisasi:

Nama organisasi atau grup atau lainnya. [Username]. (Tanggal, Bulan, Tahun). Keseluruhan tweet tanpa dipotong dan tanpa diubah sedikitpun [Tweet]. Diambil dari http://....

Contoh:
Stanford Medicine [SUMedicine]. (2012, October 9). Animal study shows sleeping brain behaves as if it's remembering: http://stan.md/RrqyEt #sleep #neuroscience #research [Tweet]. Retrieved from https://twitter.com/SUMedicine/status/255644688630046720

Penyebutan kutipan dalam badan tulisan:
(Stanford Medicine, 2012)

Untuk pengutipan terhadap status di Facebook, silakan lihat dokumen resmi APA di http://blog.apastyle.org/apastyle/social-media/

9 comments:

cuerosbhelatos said...

infonya mantaaaapppp abissss
Toop deh
I LIKE... :D

timpakul said...

link twitternya nggak dituliskan ya? bukannya lebih baik tetap ada tautan ke alamat status tweetnya?

undangan pernikahan said...

mantep infonya:)
salam kenal

Anonymous said...

Thank's Infonya gan !!!

usaha tanpa modal

Anonymous said...

Hey there! This post couldn't be written any better!
Reading this post reminds me of my previous room mate!
He always kept talking about this. I will forward this write-up to him.
Fairly certain he will have a good read. Many thanks for sharing!

Anonymous said...

Ꮋi therе, yup tһis article іs truly fastidious ɑnd I hɑve learned ⅼot of
things from it rеgarding blogging. tһanks.

Anonymous said...

It is not my first time to pay a quick visit this weeb page, i am visiting tjis web siite dailly andd obtain nicce facts from here everyday.

Anonymous said...

Genuinely no mattter if someone doesn't understand then itts
up to other viewers that they will help, so heere it
happens.

Anonymous said...

Hello, i read your blog occasionally and i own a
similar one and i was just curious if you get a lot of
spam feedback? If so how do you reducce it, any pluugin orr anything you
can recommend? I get so much lately it's driving me insane
so any help iss very much appreciated.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...