Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

03 March 2012

Mengutip Tweet dalam Tulisan Ilmiah

Tweet dalam Twitter semakin diakui dan bahkan diperbolehkan oleh MLA (Modern Language Association) untuk dikutip dalam tulisan ilmiah. Tentu saja kutipan ilmiah demikian juga harus difilter oleh para pengutip sesuai "kelayakan" ilmiah. Berikut cara mengutip tweet dari Twitter yang dikutip dari situs MLA di www.mla.org.

Nama Belakang, Nama Depan (Username). "Keseluruhan tweet tanpa dipotong dan tanpa diubah sedikitpun." Tanggal, Jam. Tweet.

Contoh:
Athar, Sohaib (ReallyVirtual). “Helicopter hovering above Abbottabad at 1AM (is a rare event).” 1 May 2011, 3:58 p.m. Tweet.

MLA secara spesifik menyebut Twitter sebagai sumber tweet yang dimaksud, artinya sementara tweet dari sumber lain belum diatur. Apabila nama belakang dan nama depan tidak ada, maka bisa hanya menggunakan user name tanpa diberi kurung. Menarik juga melihat standar tersebut tidak mencantumkan alamat URL, apalagi kita tahu sungguh sulit mencari (search tweet) di Twitter atas suatu tweet yang spesifik. Jika demikian, akan cukup sulit membuktikan kebenaran sumber kutipan karena sulitnya melacak balik tweet asli (tracing back).

Namun MLA pasti memiliki dasar atas itu. Salah satunya adalah karena Twitter saat ini telah memiliki advanced search dimana kita bisa mencari tweet di database Twitter berdasar berbagai parameter. Silakan coba disini:

https://twitter.com/search-advanced

Adanya fitur pencarian di Twitter tersebut juga membuka banyak peluang bagi para peneliti untuk mengembangkan obyek penelitiannya ke milyaran tweet lain yang relevan atau memiliki makna tersendiri.

Apakah di Indonesia bisa mulai dipakai di skripsi, thesis, disertasi, jurnal? Tergantung ketentuan masing-masing institusi penerbit tentunya. Atau sudah ada yang mendengar dari Pusat Bahasa Kemdikbud tentang hal ini? Silahkan periksa situs mereka disini:

http://pusatbahasa.kemdiknas.go.id

Update 21 Oktober 2015:

Berikut adalah standar dari APA (American Psychological Association) yang dipakai sebagai acuan oleh hampir semua lembaga pendidikan tinggi dan penelitian di Indonesia.

Tweet perorangan atau individu:

Nama Belakang, Singkatan Nama Depan. [Username]. (Tanggal, Bulan, Tahun). Keseluruhan tweet tanpa dipotong dan tanpa diubah sedikitpun [Tweet]. Diambil dari http://....

Contoh:
Gates, B. [BillGates]. (2013, February 26). #Polio is 99% eradicated. Join me & @FCBarcelona as we work to finish the job and #EndPolio [Tweet]. Retrieved from https://twitter.com/BillGates/status/306195345845665792

Penyebutan kutipan dalam badan tulisan:
(Gates, 2013)

Tweet dari grup atau organisasi:

Nama organisasi atau grup atau lainnya. [Username]. (Tanggal, Bulan, Tahun). Keseluruhan tweet tanpa dipotong dan tanpa diubah sedikitpun [Tweet]. Diambil dari http://....

Contoh:
Stanford Medicine [SUMedicine]. (2012, October 9). Animal study shows sleeping brain behaves as if it's remembering: http://stan.md/RrqyEt #sleep #neuroscience #research [Tweet]. Retrieved from https://twitter.com/SUMedicine/status/255644688630046720

Penyebutan kutipan dalam badan tulisan:
(Stanford Medicine, 2012)

Untuk pengutipan terhadap status di Facebook, silakan lihat dokumen resmi APA di http://blog.apastyle.org/apastyle/social-media/

4 comments:

cuerosbhelatos said...

infonya mantaaaapppp abissss
Toop deh
I LIKE... :D

timpakul said...

link twitternya nggak dituliskan ya? bukannya lebih baik tetap ada tautan ke alamat status tweetnya?

undangan pernikahan said...

mantep infonya:)
salam kenal

kingkong said...

Thank's Infonya gan !!!

usaha tanpa modal

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...