Search This Blog

Hexatar - Make your own cartoon picture

05 May 2007

Jadi Ahli Bahasa Lewat Google Translate

Belum pernah terbayang di mimpi saya sebelumnya bahwa saya akan bisa berbahasa lain secara fasih selain bahasa Indonesia, Inggris dan bahasa daerah saya. Tapi sekarang saya bisa paling tidak 7-8 bahasa tertulis secara fasih. Tidak percaya? Ini profil singkat saya dalam bahasa Jerman: Ich schreibe mein blog von der Stadt von Samarinda. Eine kleine aber schöne Stadt am Herzen von Kalimantan Insel, die Insel, die verwendete, den Lungenflügel der Welt wegen seines beträchtlichen tropischen Waldes genannt zu werden. Ich lebe mit meinen 3 Kindern in einem Dorf von Loa Bakung. Das Dorf, das am Vorort von Samarinda sich befindet. Lihat lagi buktinya dalam bahasa lain, bahkan yang berkarakter lain seperti Jepang.

Profil yang sama dalam bahasa Italia: Scrivo il mio blog dalla città di Samarinda. Una piccola ma città bella al cuore dell'isola di Kalimantan, l'isola che ha usato essere denominata il polmone del mondo a causa della relativa foresta tropicale ampia. Vivo con i miei 3 bambini in un villaggio di Loa Bakung. Il villaggio che è situato al sobborgo di Samarinda.

He... he... Mau bukti lain?

Profil yang sama dalam bahasa Jepang: 私は Samarinda市からの私のblogを書く。 Kalimantanの島、広大な熱帯森林のために世界の肺と呼ばれるのに使用した島の中心の小さくしかし美しい都市。 私はLoa Bakungの村の私の3人の子供と住んでいる。 Samarindaの郊外にある村。

Yang lebih sadis mau? Bahasa Arab? Enteng bos... Tapi bacanya dari sebelah kanan ke kiri.

أكتب blog بلادي من مدينة samarinda. صغيرة ولكنها جميلة في قلب مدينة كاليمنتان من الجزيرة ، فإن ذلك كان يسمى الرءه في العالم بسبب ثرواتها الغابات الاستواءيه. أعيش مع زملائي من 3 اطفال فى قرية لوا باكونغ. القرية التي تقع في ضواحي samarinda.

Wah, mohon maaf, waktu dicopy kok jadi dari kiri ke kanan. Ada yang tidak compatible nih, mungkin di text editor nya Blogger. Bagi yang bisa berbahasa Arab, mohon maaf, anda pasti kesulitan membacanya, karena dipaksa membaca dari kiri ke kanan.

Bagaimana? Puas?

Dalam hitungan detik, saya bisa menjadi manusia multilingual. Terima kasih pada teknologi Google Translate yang gratis dan powerful. Sayangnya belum bisa menterjemahkan langsung dari Indonesia ke bahasa lain atau sebaliknya. Tapi apabila anda bisa berbahasa Inggris dengan baik, anda bisa menterjemahkan kalimat anda ke hampir semua bahasa penting yang ada di muka bumi ini. Mudah-mudahan versi bahasa Indonesia bisa segera muncul. Kalau sampai muncul, luar biasa, pasti akan bisa mendukung penyebaran pemikiran-pemikiran orang Indonesia ke seluruh penjuru bumi.

Lihat semuanya di http://translate.google.com dan selamat memanfaatkannya... Sayang sejuta kali sayang jika aplikasi online gratis ini hanya nongkrong tak berguna di Internet tanpa dimanfaatkan oleh kita. Tunjukkan ke dunia pemikiran dan ide-ide kita.

2 comments:

Anonymous said...

Sir..

saya baru aja buka Blog-nya,
In fact, ada fasilitas buat terjemahan dalam bahasa apa aja
http://translate.google.com
Kog gak kepikiran yah coba menterjemahkan profil stikom di tranlate google aja.
habis infonya baru dapat setelah buka bloq-nya sir.
saya gaptek sih sir..maklum saya satu2nya dosen di kampus STIKOM
yang belum ngerti soal IT.. I tell you the truth
thanks banget sir, i get the easy way for translating.

minimizing, I don't spend a lot of time for finishing my task..he..he.

Web Admin said...

terima kasih bu...
tapi selama Google Translate blm bisa menterjemahkan Bahasa Indonesia, kita tetap perlu English sebagai jembatan. Selamat bekerja...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...