Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

07 May 2007

Kamus Indonesia-English di Kamus.net

Mengapa saya concern sekali di permasalahan bahasa beberapa hari ini? Karena aspek ini adalah masalah terbesar bagi penyebaran ilmu pengetahuan, terutama via Internet. Masalah ini juga jadi bottle neck tersulit untuk dipecahkan dalam membuat bangsa kita menerobos kancah pertarungan teknologi di dunia global. Pemikiran-pemikiran kita yang sebagian besar hanya ditulis dalam bahasa Indonesia hanya bisa dibaca oleh sekitar 200an juta penduduk Indonesia (hanya 8% yang online) serta beberapa puluh juta pendududuk Malaysia dan Singapura yang berbahasa Melayu. Bayangkan dengan materi berbahasa Inggris yang bisa dibaca oleh beberapa milyar orang yang online di Internet.

Ini tambahan info sedikit yang saya dapat dari blog guru kami, Nathal Parlindungan. Sebuah aplikasi online kamus Indonesia ke English serta sebaliknya. Namun tidak seperti Google Translate, Kamus.net hanya sekedar kamus, tidak bisa menterjemahkan kalimat. Namun lumayan lah... Kunjungi www.kamus.net, ada juga tersedia semacam Java applet kecil yang bisa dimunculkan dalam window kecil yang mereka sebut "dashboard", cukup handy.

Tambahan sedikit, kamus online bahasa Indonesia ternyata ada banyak juga tersedia, salah satunya adalah kamus online yang disediakan Universitas Gadjah Mada di http://kamus.ugm.ac.id yang bisa bolak-balik Indonesian-English atau English-Indonesian. Lumayan bagus walau agak lambat. Tapi saya coba terjemahkan "gajah", tapi tak satupun muncul kata "elephant", yang muncul malah mammoth, mahout dan howdah. Padahal nama universitasnya sendiri pakai gadjah. Tapi kalau cari "gadjah" hasilnya no match :-)

Keunggulan Kamus UGM ini, ada terjemahan dari bahasa Indonesia ke bahasa Belanda, Indonesian to Dutch atau sebaliknya. Bagus sekali.

Tampaknya kalau anda search kamus Indonesia di Yahoo! Search, hasilnya lebih baik dibanding di Google, coba saja, bisa saja pendapat saya salah.

Update
(per 2 Jan 2008):
Coba juga Kamus Online di situs Indonesia yang lagi naik daun KapanLagi.com. Menurut pengamatan saya ini adalah kamus online terbaik Indonesia-Inggris atau sebaliknya yg ada saat ini. Database diambil dari kamus karya
Prof. Drs. Wojowasito, Alm. Kemudian aplikasinya juga dibuat rapi dan lengkap. Sehingga hasilnya juga sangat memuaskan. Namun sayang terlalu banyak iklan, jadi buat yang bandwidth kecil, lumayan lama nunggu.

Keywords: kamus bahasa indonesia, kamus bahasa inggris, kamus bahasa belanda, indonesian dictionary, indonesian english dictionary, indonesian dutch dictionary,
kamus online bahasa indonesia, kamus online bahasa inggris, kamus online bahasa belanda, online indonesian dictionary, online indonesian english dictionary, online indonesian dutch dictionary

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...