Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

28 January 2010

Apple iPad Akhirnya Meluncur dengan Harga Dasar $499

Tepat seperti yang dijanjikan oleh Apple Inc. pada tanggal 27 Januari 2010, di Yerba Buena Center San Francisco, produk baru Apple yang dikemas dalam acara bertopik "latest creation" diluncurkan. Produk yang sudah di-rumor-kan hampir 1 dekade ini adalah sebuah komputer tablet yang disebut iPad. Seperti biasa, produk baru andalan Apple ini diluncurkan ditengah kerahasiaan yang dijaga ketat hingga detik pengumuman. Namun berbagai rumor 1 bulan sebelum diluncurkan sebagian cukup tepat memprediksi detail produk ini, termasuk namanya: iPad.



Seperti apa spesifikasi iPad? Tebal 1/2 inch, berat 1,3 pound, LCD display 9.7 inch capacitive touchscreen, prosesor yang dibuat Apple sendiri yaitu Apple "A4" 1GHz chip melalui perusahaan P.A. Semi (diakuisisi Apple beberapa tahun lalu), 10 jam battery life and 1 bulan standby. Tiga varian 16, 32, and 64 GB, dan konektivitas yang sangat terbatas, hanya ada 30-pin Dock connector, speaker, microphone, Bluetooth, 802.11n WiFi dan optional 3G. Juga ada accelerometer dan kompas. Tersedia juga keyboard dock untuk memakai keyboard fisik, support resolusi layar hingga 1024x768 VGA out dan 480p composite out melalui kabel dock adapter (artinya bisa ditampilkan di layar televisi), dan camera attachment kit (untuk mengunduh foto dari kamera eksternal atau melalui USB atau langsung dari card reader).



Apple iPad menggunakan OS iPhone 3.2, artinya sama persis dengan iPhone, namun beda dari sisi luasan layar. Dengan layar 9,7 inch, iPad jadi seperti iPhone raksasa. Seluruh aplikasi iPhone bisa dipakai iPad tanpa modifikasi, namun bisa dibayangkan apap yang terjadi bila layar jadi membesar seperti ini. Jadi Apple menyediakan SK khusus bagi para developer untuk menyesuaikan aplikasi di iPhone agar bisa dimaksimalkan di iPad. SDK tersebut keluar pada saat pengumuman. Sama dengan iPhone, semua aplikasi dan OS dikendalikan melalui iTunes dari PS atau Mac.

Yang menarik, semua versi 3G fully unlocked, tidak seperti di iPod. Jadi bisa dipakai menggunakan SIM card GSM manapun. Namun untuk USA, diluncurkan dengan bundle paket dengan AT&T.

Kelemahan utama? Tidak bisa multitasking. Sama persis saat iPod diluncurkan, baru diperbaiki setelah beberapa tahun. Jadi bila sedang download sesuatu, maka anda hanya bisa bengong tanpa bisa melakukan hal lain, sangat mengganggu. Tidak ada dukungan ke Flash. Bayangkan saja... Kita browse internet dan kemudian tidak bisa melihat sebagian konten interaktif karena Safari browser yang ada di iPad tidak mendukung Flash. Akankah diperbaiki? Wallahualam karena ini masalah persaingan bisnis tampaknya. Tidak ada aplikasi SMS, jadi kalau anda beli versi 3G, maka anda tidak bisa SMS.

Harga? $499 untuk 16GB, $599 untuk 32GB, dan $699 untuk versi 64GB. Tambahan 3G adalah $130 per model, jadi versi model termahal 64GB/3G adalah $829. Lebih mahal dibanding laptop versi standard, namun masih jauh dibawa $1000 yang merupakan batas harga psikologis. Model WiFi-only akan tersedia dalam 60 hari dan 3G model dalam 90 hari sejak 27 Januari 2010.

Terus terang, dibanding e-book reader lain seperti Amazon Kindle, iPad lebih superior karena dikemas dengan kemampuan setara netbook. Kemudian jika dibandingkan dengan e-book, iPad juga tampak lebih superior dari segi portabilitas, namun masih terbatas dari sisi OS dan software. Akankah iPad akan memakan pasar iPhone? Atau memakan pasar netbook? Atau juga sekaligus masuk ke memakan pasar e-book reader yang sedang berkembang pesat? Ini mungkin jawaban kenapa Apple tidak masuk sama sekali ke pasar netbook, tapi langsung ke tablet PC yang disiapkan memiliki kemampuan setara netbook namun dengan portabilitas lebih superior.

Foto lain dan info detail dibawah ini...

Di segmen e-book reader, Apple iPad menyediakan aplikasi e-book reader yang disebut iBook dan toko buku online nya disebut iBookstore. Format e-book yang dipakai adalah ePub yang juga dipakai Sony E-book Reader dan Barnes and Noble serta berbagai e-book reader lain yang beredar di pasar saat ini. Buku akan berharga sekitar $12.99 sampai $14.99.




Prosesor Apple A4 1 GHz

Saat diluncurkan, iPad juga dilengkapi dengan aplikasi Office sederhana milik Apple yaitu iWork yang meliputi Pages (pengolah kata), Numbers (seperti MS Excel) dan Keynote (untuk presentasi) yang disebut "completely reimagined for iPad". Namun anda harus bayar lagi $9.99 per paket.


Asesori docking dan keyboard fisik


Suasana di luar gedung menjelang launching di San Fransisco


Seperti iPhone raksasa disandingkan dengan ukuran iPhone


Aplikasi iBookstore dimana bisa langsung beli e-book secara online




Browser Safari di iPad tidak mendukung Flash


Tampak depan, samping dan belakang iPad

7 comments:

panthom said...

sangat menarik...
masuk indonesia kapan ya?

ayu said...

wah mantabs..
jadi pgn punya :D

arisyi ihsan said...

produk yang manteb banget ...
kapan yah ada d indonesia??
harganya ga bakal naik kyk iphone kan.??

thnks y infony

aksesoris4sale said...

Generasi iPad 3G sudah masuk ke Indonesia yang sempat dibeli oleh customer saya di Amrik, simcard berukuran micro sehingga SIM Card yang ada harus di modifikasi ukurannya, hal ini akan membantu para pemakai iPad karena tidak semua lokasi terjangkau oleh WIFI.

Anonymous said...

aq punya 2 ipad

bingung 1 nya buat apa...

ipad 3g 32gb..
klo ada yg mau aq buka harga 8 juta.. dipasaran harga nya masih di atas 10jt

brminat hub 085268912291 dgm rega

gata said...

bos nanya nih... kl ipad buat buka facebook bs lewat www.facebook.com atau m.dacebook.com (ral pc or cuma kyk hp)? maaf nih awam bgt ttg gadget...

The Geeks said...

Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...