Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

08 June 2007

Microsoft 3D Map, Google Street View, What's Next?

Perkembangan persaingan teknologi semakin gila. Kadang susah dimengerti, tapi untungnya semua menguntungkan kita juga. Pertarungan 2 raksasa Microsoft melawan Google selalu menarik untuk diikuti. Battle ground paling gres adalah antara Google Earth dengan Microsoft Live. Apa yang mereka kembangkan seringkali masih membuat saya bingung, untuk apa?

Bayangkan, Microsoft (Google sudah duluan) habis-habisan mengembangkan 3D Map, artinya tim teknis mereka harus mengumpulkan detail dari setiap keadaan suatu tempat agar dapat membangun image 3D yang sangat detail. Kemudian, Google lebih jauh membuat peta dimana kita bisa zooming melihat foto detail hingga ke jalan-jalan raya, lengkap dengan navigasi arahnya tergambar didalam image tersebut. Bayangkan berapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat street view map dari, katakanlah, 2-3 kota besar saja. Bererati Google harus mengerahkan fotografer untuk mengambil foto-foto dari berbagai jalan dengan terus memperhatikan posisi pakai GPS, gila...!

Ini 3D view dari kota New York, hebat kan? Detail man...


Ini street view dari Times Square di New York City, perhatikan garis kuning yang melintas ke arah N (north) atau utara.

Lihat contoh-contoh image nya berikut ini. Sementara masih terbatas. Microsoft 3D sudah lengkap untuk beberapa kota terutama New York City, demikian pula Google Street View. Kapan kota saya dipetakan dan dipotret juga ya? He... he...

Ini gambar rendering dari Massachusetts State House di Boston. Bayangkan bagaimana Microsoft harus mengerahkan segala daya untuk mendapatkan detail data dari bangunan tersebut agar bisa mendapatkan bambar 3D sehalus ini. Dan ingat, yang di-3D-kan tidak hanya 1-2 bangunan, jalan, pohon, dll, tapi seluruh kota! Tidak hanya 1-2 kota, tapi ambisinya mencakup seluruh kota besar di dunia. Crazy.

Yang ini masih street view dari Times Square, tapi dari sudut lain. Artinya, dari satu lokasi, Google mngambil lebih dari 1 gambar dari berbagai sudut. Dan setiap gambar harus jelas posisi dan arahnya, presisi tinggi.

Sekarang, kita tunggu saja apa yang akan mereka lakukan selanjutnya. Enak juga jadi penonton, doing nothing, sit and enjoy...


4 comments:

Arif Sukoco said...

Microsoft Live Maps sudah lama sebenarnya punya namanya Bird's Eye View. Ini contohnya rumah saya di Sammamish. Rada buggy sih, soalnya itu pin nya seharusnya di yang seberang jalan.

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...

Видео ютуб улётное http://youtu.be/knL93B57iiI
Прикольное видео секс http://youtu.be/X2sdWXysJIc
[youtube]knL93B57iiI[/youtube]
[youtube]X2sdWXysJIc[/youtube]
video youtube http://www.youtube.com/user/aeytovaresch/
Вот ещё прикольное Видео
http://www.youtube.com/watch?v=Hbg4FxbdWUw

video Видео лижет ролики

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...