Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

19 September 2007

Office Online, Move Forward

Sekian lama Microsoft jalan melenggang meraup triliunan dollar dari Microsoft Office yang memang hampir tidak punya lawan sepadan yang tangguh. Yang saya maksud "sepadan dan tangguh" tidak hanya dari sisi bagusnya aplikasi, tapi juga financial backup untuk pengembangan, marketing serta juga jaminan konsistensi di masa depan. Beberapa waktu belakangan ini saya cukup aktif memakai Google Docs yang hingga beberapa hari lalu hanya memiliki 2 turunan yaitu "document" (padanan MS Word) dan "spreadsheet" (padanan MS Excel). Pagi ini saya melihat pengumuman resmi hadirnya turunan ketiga yang disebut "presentation" yang merupakan padanan MS PowerPoint. Bravo...! Silahkan lihat tulisan blog saya tentang Office Berbasis Web yang ditulis Maret 2006, saat itu aplikasi office berbasis web masih impian.

Google Docs menyaingi MS Office? Well, perjalanan masih sangat jauh. Tapi yang jelas, Google Docs menawarkan hal-hal nyata yang memang sangat bermanfaat, terutama fitur kolaborasinya. Kita bisa bekerja bersama dengan orang lain mengerjakan file yang sama. Kemudian file yang kita buat dapat dengan sangat mudah dijadikan halaman web (dalam HTML) yang bisa langsung dipublikasikan. Semua dilakukan dengan mudah via web browser. Damn... that's neat. Dan, yang penting lagi, file yang kita buat bisa langsung dijadikan file MS Office, walau fungsi convert dari MS Office ke Google Docs masih sangat mengecewakan.

Langsung coba di http://docs.google.com and have fun...!

Untuk saingan Microsoft Office yang lain, ada IBM Lotus Symphony (based on OpenOffice.org) dan yang menarik dan mengejutkan Kingsoft Office 2007 dari perusahaan software Cina, hebat bo...

1 comment:

Anonymous said...

thanx infonya

bimoseptyop

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...