Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

08 February 2008

Menggabungkan Microsoft dan Yahoo!

Kalau saya jadi CEO Microsoft yang akan mengeluarkan uang sebesar Rp 440 triliun untuk membeli Yahoo! maka saya harus berpikir keras agar uang yang keluar tidak mubazir. Kalau kemudian keduanya digabung, saya sebagai pemilik keduanya pasti akan menghadapi banyak pilihan yang membuat bingung. Ada banyak sekali kesamaan bisnis dan usaha yang keduanya jalankan. Kalau digabung, salah satu dari setiap line business pasti terpaksa akan dimatikan. Digabung? Yahoo! Search dan Live.com? Hmm... mungkin bisa juga, teknologinya masih bisa digabung. Namun secara brand? Yahoo! Live? he3...

Berikut saya coba sandingkan masing-masing produk dari keduanya, kemudian harus diapakan selanjutnya?

Yahoo.com vs MSN.com. Terlalu banyak kesamaannya. Bagaimana integrasinya? Pasti perlu lama untuk mencari sinergi yang paling pas menyatukan kekuatan keduanya. Salah satu dimatikan? Mungkin tidak. Kedua brand sama kuatnya dimata masyarakat.

Yahoo Mail vs Hotmail. Hotmail jelas keteter jauh dibelakang. Bahkan setelah dirubah ulang, tetap tidak menarik dan jauh tertinggal segalanya dari Yahoo Mail. Kalau saya bisa memutuskan, Hotmail saya matikan, kalau Yahoo Mail dikelola serius, Gmail pasti akan sangat susah melewatinya.

Search.yahoo.com vs. Live.com. Saya bukan pendukung Yahoo dibidang ini. Live.com versi baru sungguh sangat menarik bagi saya. Tapi bila yang dibidik adalah meruntuhkan Google, yang diperlukan adalah scale. The bigger, the better, seperti misalnya dalam hal size data hasil crawl serta para pemasang iklan. Namun dalam segi algoritma, gabungan kekuatan yahoo dan Microsoft bisa sangat menakutkan bagi siapapun. Pendapat saya, gabungkan seluruh kekuatan keduanya!

Masih banyak yang lain, namun saat ini cukup 3 business line diatas. Kita lihat perkembangannya, samakah pandangan saya dengan CEO sekelas Steve Ballmer dan Jerry Yang? He3... time will tell...

Baca juga tulisan saya sebelumnya tentang gosip bergabungnya kedua raksasa ini yang telah beredar lama, dan selalu tinggal hanya sebagai gosip.


1 comment:

Arif Sukoco said...

Kalau emang jadi, kayaknya banyak sekali bidang di luar search yang Yahoo lebih unggul (mail, flickr, yahoo finance, contents, yahoo mobile) yang kalo bisa dikembangkan dan mungkin di-lock ke platform windows, bakal bisa jadi sumber perkembangan yang bagus ke depannya.
Yang jadi masalah kalo menurut saya bakalan proses penggabungan secara operasional, teknikal, organisasional. Bisa bertahun2 baru kelar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...