Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

09 May 2008

Google Docs Melawan Slideshare.net

Pemain kecil Slideshare.net yang punya ide brilian membawa file-file presentasi untuk dapat dimasukkan ke website/blog secara sangat mudah, ternyata saat ini mulai disaingi oleh pemain raksasa. Biasanya pemain kecil dengan ide brilian seperti Slideshare.net berharap bahwa karya inovatif mereka dibeli oleh para raksasa. Seperti Writely.com yang dibeli Google dan jadi Google Docs, atau YouTube yang dibeli Google dengan nama tetap dipertahankan. Atau kisah awal akuisisi perusahaan kecil inovatif oleh para raksasa saat Hotmail dibeli Microsoft beberapa tahun lalu.

Namun tampaknya nasib Slideshare.net tidak cukup bagus. Situs layanan online kecil yang dikelola oleh beberapa programmer inovatif ini malah disaingi oleh raksasa Google yang datang belakangan. Padahal pengguna dan member Slideshare.net sudah semakin banyak, termasuk saya dan para mahasiswa saya di Unmul :-)

Apa yang dilakukan Google? Melalui Google Docs yang memang sangat bagus sekali, mereka mulai membuat fitur "embedded presentation" persis seperti ide Slideshare.net. Jadi, didalam Google Docs, ada fasilitas Presentation, persis seperti MS Office PowerPoint, tapi ini versi online (tidak perlu install di komputer anda, langsung pakai dengan masuk ke http://docs.google.com).

Nah, setelah selesai membuat presentasi disana, di save, maka kita bisa memasang presentasi kita di situs web atau blog kita dengan meng copy HTML code yang tinggal di paste di blog kita. Maka di blog kita akan muncul box applet yang embedded (menempel atau tertempel) dan berdiri sendiri. Jadi sambil menikmati blog kita, pengunjung bisa langsung melihat-lihat presentasi tersebut tanpa harus pindah alamat situs. Tentu saja bisa dipasang di situs lain karena kodenya universal.

Ide awal kalau tidak salah dimulai oleh YouTube yang content nya video. Konsep ini dipakai oleh Slideshare.net, dan sekarang dipakai lagi oleh Google Docs Presentation.

Slideshare.net yang selama ini sangat saya sukai bisa kalah kalau harus melawan Google. Tapi kelebihannya yang belum disentuh Google Docs "embedded presentation" adalah pada pembentukan komunitasnya. Slideshare.net telah menghimpun ribuan user yang dengan bersemangatnya (secara sukarela) menyimpan dan membagi slide presentasi mereka. Applet presentasi tersebut bisa dipasang di blog manapun, apabila pemiliknya mengizinkan, file bisa langsung di download utuh dan digunakan semaunya. Hebat kan?

Saya sebagai dosen, pengajar dan "penceramah" freelance sangat merasakan manfaat layanan inovatif ini. Dalam keadaan mendesak saya sering menemukan banyak ide dan materi dari ribuan file presentasi di Slideshare.net yang bisa segera diambil dan dipakai dalam memperkaya presentasi saya.

Baca tulisan saya terdahulu mengenai Slideshare.net.

Namun, saya selalu yakin, kompetisi semacam ini pasti akan banyak membawa kebaikan bagi pengguna...

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...