Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

02 September 2008

Jaringan WiMax Segera Meluncur Komersial

Sepengetahuan saya, belum ada jaringan WiMax yang sudah diluncurkan secara komersial. Artinya, jaringan digelar, kemudian masyarakat bisa menggunakannya secara bebas, alat-alat pendukung disediakan (atau dijual) bebas di pasaran. Beberapa jaringan WiMax sendiri sudah ada yang digelar seperti saat Aceh dilanda tsunami dulu (sebagai bantuan dari IBM, CMIIW). Namun WiMax masih belum berkembang karena masalah kesepakatan standar teknis (akan saya diskusikan lain waktu).

Nah, akhir bulan ini, jika tidak ada kendala, jaringan WiMax komersial pertama di dunia akan digelar di kota Baltimore, USA. Jaringan ini digelar oleh sebuah operator seluler besar Sprint, nama layanannya XOHM. Kecepatannya dijanjikan antara 2-4 Mbps download dan 1-3 Mbps upload. Moto layanan baru ini adalah: "anda tak perlu cari hotspot lagi, sekarang ada hotspot dimanapun anda berada". Saya pikir slogan ini sangat menggambarkan kemampuan WiMax yang ingin dijual ke masyarakat.

Detail dari layanan ini belum ada, namun dari situs uji coba "My XOHM" yang berhasil dimasuki oleh majalah Engadget, beberapa informasi sudah bocor ke dunia Internet. Saya copy and paste infonya dibawah ini.

Prinsipnya, XOHM akan digelar dengan handset unggulan Nokia tablet PC phone N810. Akan disediakan USB WiMax modem ZTE, Samsung Express Card (bisa PCMCI di laptop), modem WiMax Zyxel yang berfungsi sebagai Ethernet hub/router, portal web khusus bagi pengguna. Yang jelas, dengan adanya jaringan sebaik ini maka VOIP pasti akan merajalela, maka bisa jadi Sprint (dan operator seluler manapun yang menggelar WiMax) akan bisa kehilangan pelanggan voice call tradisional melalui jaringan seluler mereka.

Berikut beberapa detail.

# Nokia's N810 WiMAX Edition -- looks like a lock based on the liberal use of its image (above) across the pages.
# XOHM USB (ZTE's TU25) modem.
# XOHM Express Card (Samsung's SWC-E100) modem with optional PCMCIA adapter.
# XOHM Modem (ZyXel's MAX-206M2) Ethernet hub/router with optional 4-hour battery -- unfortunately, XOHM will not offer static IP addresses at this time.
# The XOHM portal (whatever that is) supports both Windows and OS X. However, the modems listed above and Sprint's XOHM Connection Manager software are PC-only, sorry Mac owners.

Kapan Indonesia? Saya yakin anda akan terkaget-kaget ketika tiba-tiba media massa akan menyiarkan promosinya dalam waktu sangat dekat ini, dan ketika pasar dibanjiri perangkat WiMax murah dari Cina. Yang jelas, beberapa operator seluler seperti Telkomsel sudah lama melakukan uji coba, tapi baru sebatas trial dan perangkat pendukung tidak akan bisa anda temukan di pasaran bebas.

1 comment:

jorock27 said...

waduh ... bro, kapan y tekhnologi ni masuk palembang !!!!


jadi, hape yang ada wifi ngk bisa deteksi wimax y ...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...