Search This Blog

Hexatar - Make your own cartoon picture

03 September 2008

Belajar Islam dengan Al-Quran dan Hadis Digital (Download File)

Malam tadi, saya sholat tarawih di sebuah mushola yang mempunyai seorang imam dan penceramah yang "hi-tech". Penceramah tua ini menantang para jamaahnya untuk menggunakan Al-Quran Digital. "Kalau anda mau, bawa flashdisk ke saya, silahkan copy gratis." Dia mengatakan bahwa Al-Quran yang dijalankan diatas PC ini bisa melakukan banyak hal, salah satunya adalah mencari keyword apapun yang ingin anda cari dalam Al-Qur'an. Wah, kalaulah para ulama Islam sudah tidak gaptek begini, maka syi'ar agama Islam pasti akan lebih cepat tersebar secara elektronis. Setahu saya, memang sudah ada banyak Al-Quran elektronik berbagai versi yang ada, mulai dari versi MP3 suara, versi untuk ponsel hingga yang berformat ala ensiklopedia digital.

Saya mencoba membuktikannya menggunakan sebuah versi ala ensiklopedia digital bernama Al-Quran Digital yang dibuat dengan teknologi sederhana "help file for Windows" (atau CHM, compiled HTML). Namun, walaupun menggunakan teknologi simple dan dibuat tahun 2004, aplikasi ini ternyata sangat lengkap dan detail. Carilah "zakat" misalnya, maka anda akan mendapat 44 ayat yang mengandung kata "zakat". Isi per ayat lengkap dengan tulisan Arab dan terjemahan dalam Bahasa Indonesia. Baca juga tulisan saya tentang download file cara shalat dan cara wudhu, serta kumpulan tulisan tentang Islam Digital disini.

Daftar isi disusun berdasar nama surah, masing-masing surah dapat di-collapse dalam rincian per ayat serta info mukadimah dan penutup. Klik masing-masing ayat, maka akan ada isi bahasa Arab dan terjemahan Bahasa Indonesia.

Kemudian ada index dalam susunan topik misalnya hukum pidana, ibadah, ilmu, dll. Masing-masing topik terbagi lagi dalam sub-topik yang sangat rapi tersusun. Klik sub-topik perkawinan misalnya akan membawa anda ke rincian topik lain yang lebih rinci seperti perintah nikah, pertunangan, akad nikah, dst yang masing-masing berisi ayat-ayat yang menerangkan hal tersebut.

Sekali lagi, dibuat dengan teknologi sangat sederhana, namun membuatnya beroperasi sangat cepat di PC, sangat mudah pengoperasiannya karena berupa "file help" yang biasa kita dapati di OS Microsoft Windows.

Akurasinya? Saya belum bisa berkomentar. Silahkan submit komentar anda untuk memberikan pandangan...

Aplikasi ini menyebutkan bahwa copyright adalah milik "Allah SWT". Salut pada pengembangnya yang beralamat di http://www.alquran-digital.com. Dijamin produk ini akan menjadi amal jariyah bagi pembuatnya. Amin...

Silahkan download versi lengkap berbentuk EXE (installer file) berukuran 9.52 MB di situs nya. Atau anda bisa mengunduhnya per pecahan bagian berukuran 800 KB. Saya upload juga sebagai backup disini, siapa tahu website asli bermasalah atau bahkan hilang. Langsung klik kanan disini dan save...

Sebagai perbandingan, silahkan lihat disini, untuk Al-Quran (plus Hadis) versi digital yang berbeda, namun menggunakan teknologi mirip dengan yang saya review. Klik disini untuk mendapatkannya.

Download lengkap di arsip yang saya upload tersendiri disini:
- HaditsWeb3.zip
- AlQuranDigital21.zip

Klik langsung link download diatas, save ke PC anda, format file dalam bentuk ZIP, jadi UnZIP dulu. File cukup besar 9 MB dan 4 MB, jadi perlu waktu bila sambungan Internet anda pelan. Jika telah ter-download dan ter-unzipped, langsung klik saja ke file tersebut, maka insya Allah aplikasi bisa langsung terbuka. Hanya jalan di Microsoft Windows.

Untuk versi ponsel, tersedia produk menarik yang langsung dibundel dengan ponselnya. Silahkan lihat produk Raztel www.raztel.com sbb:

Ponsel Quran Raztel M880

Menyambut ulang tahun PT. Raztel Solusindo Telematika yang kelima, PT Raztel Solusindo Telematika meluncurkan produk ponsel terbaru yang dikembangkan selama tiga bulan terakhir yang ditargetkan menyasar kalangan muslim Indonesia.

Menyambut ulang tahun PT. Raztel Solusindo Telematika yang kelima, PT Raztel Solusindo Telematika meluncurkan produk ponsel terbaru, dengan brand Raztel M880, yang dikembangkan selama tiga bulan terakhir yang ditargetkan menyasar kalangan muslim Indonesia.

Berbeda dengan produk Raztel sebelumnya, ponsel ini merupakan ponsel GSM pertama yang diluncurkan oleh Raztel. Dan untuk bersaing di pasar GSM yang cukup keras, Raztel meluncurkan ponsel yang dikhususkan untuk kalangan muslim Indonesia. Kenapa kalangan muslim Indonesia ? Karena ponsel ini didisain khusus untuk mengakomodasi content berupa Al Quran dan aplikasi keislaman lainnya, seperti alarm pengingat waktu sholat, waktu sholat di kota-kota besar di dunia, video panduan haji dan lain-lain.

Dan berbeda dengan aplikasi-aplikasi yang beredar di internet yang sifatnya software dan bisa ditanamkan ke ponsel, aplikasi Al Quran dalam ponsel Raztel M880 ini ditanamkan ke dalam OS dari ponsel itu sendiri. Sehingga aplikasi Al Quran menjadi sangat fleksibel dalam penggunaannya. Informasi lengkap mengenai ponsel ini bisa ditemui di www.ponselquran.com

Ponsel ini telah mendapatkan ijin dari Postel, Deperindag dan Departemen Agama untuk kesahihan Al Quran di dalam M880 ini.


Keyword: download file al-quran dan hadis gratis, al-qur'an digital bahasa indonesia, al-quran digital bahasa indonesia, qoran digital bahasa indonesia, koran digital bahasa indonesia, download file al-quran dan hadits gratis

7 comments:

cybermetri said...

asslammualaikum wr.wb

pak tolong agar file alquran digital dan hadis jangan di hapus dari situs ini soal nya, situs asli sumber file ini sudah dihapus dan lagi, banyak file alquran palsu beredar di internet ini.
tolong yaa pak.
terima kasih

Web Admin said...

insya Allah selama Google masih menghidupkan server tempat disimpannya file ini, semua akan tetap disana... semoga...

Anonymous said...

terima kasih banyak buat anda semoga menjadi amal jariah amin...

Anonymous said...

sy ingin mendownlod al qur'an digital di aplikasi hp saya ,tipe K510i .tlg djwb via email .

Syukran team said...

Terima kasih kerana berkongsi hadis dan juga file help hadis2.. insyaAllah saya akan himpunkan dan jadikan dalam bentuk audio visual.. multimedia.. bagi tatapan muslim dan muslimah..

Saya setuju bahawa teknologi apa bile kita bisa gunakan kearah keimanan maka insyaAllah dapat memudahkan proses dan usaha kita.

Wallahu 'alam

Shahib

shahib.com
facebook.com/shahib

Ellena Wulandari said...

alhamdulilah..
terimakasih ya :)

Unknown said...

Terimaksih, ini adalah amal yang akbar bagi kita untuk dapat membantu menyebarkan al quran digital ini kepada sebanyak umat muslimin. Saya berdo'a kepada Allah bagi sahabat yang membuat aplikasi ini semoga mendapat balasan yang besar dari Allah, murah rezekinya dan selalu dijaga imannya Amin...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...