Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

27 June 2009

Michael Jackson dan Fenomena Internet Masa Kini

Satu hari setelah Michael Jackson (MJ) wafat, lagu dan videonya malah kemudian merajalela di hampir semua tempat penjualan lagu dan video online seperti di iTunes dan Amazon.com. Di iTunes, situs penjualan lagu online terbesar saat ini, 8 dari 10 besar album paling banyak didownload adalah milik MJ. Album video terbanyak dibeli, 5 video MJ masuk 10 besar. Di Amazon mirip, dari 25 lagu terbanyak dibeli secara online, 10 adalah milik MJ. Masih di Amazon, 20 CD musik terbanyak dibeli, 17 adalah CD MJ, 10 besar teratas semuanya dikuasai MJ. Di YouTube, sekitar 3 jam setelah kematiannya, video musik Thriller (salah satu karya fenomenal MJ) telah dilihat (viewed) 37 juta kali, kurang dari 12 jam kemudian naik jadi 38,6 juta kali. Komentar di video tersebut melonjak dari 105 ribu menjadi 144 ribu. Semua dalam hitungan jam saja disaat setelah pengumuman kematian MJ.

Silahkan lihat Twitter.com dan anda akan langsung menemukan bahwa kata-kata terbanyak di-tweet disana adalah yang berkaitan dengan MJ. Simbol unik #michaeljackson di Twitter jadi hits, mengalahkan #iranelection yang sempat panas di Twitter.

Banyak laporan mengatakan bahwa kualitas dan kecepatan YouTube menjadi berkurang banyak karena "serangan" pengguna yang ingin melihat video MJ. Beberapa situs berita online Amerika juga mengalami lonjakan traffic yang luar biasa hingga beberapa hampir down dibuatnya.

Yang juga menarik adalah cerita "pertarungan" edit-mengedit di halaman khusus MJ di Wikipedia http://en.wikipedia.org/wiki/Michael_Jackson dimana saat mulai menyebar berita tentang pingsannya MJ dan isu wafatnya sang bintang, para penggila MJ mulai memasukkan berbagai berita kematiannya segera di Wikipedia. Para editor sukarela Wikipedia harus saling bertarung satu sama lain karena banyaknya para pemberi info yang bisa langsung memasukkan beritanya ke situs ini. Konon kata-kata yang dimasukkan untuk meng-counter isu-isu saat itu adalah:
"This is not yet verified"
"He's not dead"
"Premature edits"
"ONCE AGAIN, HE IS NOT DEAD, JUST STOP."

Seperti diketahui, Wikipedia adalah ensiklopedia online yang bersifat bebas dimana siapapun bisa memasukkan informasi, namun info yang ditulis akan diverifikasi oleh para editor lain kebenarannya. Untuk halaman Wikipedia yang sangat populer semacam MJ ini, pasti ribuat "wikipedian" akan mati-matian menjaga kredibilitas halaman tersebut dari tulisan atau berita "sampah".

Ini bukti terbaru bagaimana dunia online telah merubah kaidah-kaidah tradisional hidup kita. Cara-cara manusia bereaksi terhadap kematian orang yang dicintainya telah berubah. Mulai dari melontarkannya lewat Twitter, memberi komentar di YouTube hingga download habis-habisan di situs download lagu dan video.

Data-data diatas baru mencakup situs resmi, saya belum sempat lihat di situs download yang banyak mengandung content illegal.

Selamat datang di dunia baru...

Sebagian data diambil dari CNET News.com

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...