Search This Blog

Hexatar - Make your own cartoon picture

18 July 2009

Microsoft Bing, Search Engine yang Menyejukkan Mata

Sudah beberapa minggu ini saya "beralih" ke Microsoft Bing dalam membantu saya mencari-cari segala sesuatu di Internet. Sesekali tetap ke Google jika terasa agak kurang puas dengan hasil pencarian yang diberikan Bing. Namun tampaknya saya tidak akan mengalihkan "home" saya di browser dari Bing ke page lain. Setiap masuk ke Internet, dengan antusias saya menunggu "home" saya di Bing mengeluarkan halaman nya yang selalu memberikan surprise. Ya, Bing sangat unik karena search engine ini menggunakan gambar latar, tidak seperti Google yang hanya ada gambar logo Google dengan latar putih polos. Gambar latarnya adalah gambar-gambar alam yang sangat indah dan yang terpenting selalu berganti setiap 24 jam. Mata kita dimanjakan dengan pemandangan-pemandangan super indah dan menyejukkan mata dari berbagai pelosok dunia. Mau merasakannya? Lihat dulu foto-foto latar Bing ang sempat saya kumpulkan beberapa hari belakangan ini. Sayangnya tidak ada informasi yang cukup ditampilkan mengenai gambar-gambar itu.



Saya masih ingat saat Microsoft Live, nama search engine Microsoft ini sebelum berganti menjadi Bing, melakukan hal yang sama sebagai bagian perayaan dunia menyambut Olimpiade Beijing 2008. Gambar latarnya adalah gambar-gambar spektakuler olahraga. Hal yang mirip juga dilakukan oleh Google. Namun dalam bentuk kreasi unik logo Google yang dibuat khusus menyambut peringatan-peringatan hari tertentu, misalnya Earth Day, Christmas dan juga saat Olimpiade. Lihat koleksi logo-logo unik Google saya disini.

Lalu, bagaimana kualitas hasil pencarian Bing dibanding Google yang sudah merajai kancah search engine global sekian lama? Bagi saya, sejauh ini tidak ada masalah menggunakan Bing. Saya dengan mudah menemukan hal-hal yang saya cari. Harus diakui Google terasa lebih lengkap, database Google jauh lebih banyak dibanding database Bing. Contoh saat tulisan ini dibuat adalah untuk pencarian kata kunci yang sama "susilo bambang", database Bing hanya memiliki data 520.000 result sementara Google mencapai 3.750.000. Sungguh jauh sekali. Juga dalam pencarian "michael jackson" yang sedang hot, Bing memiliki 90,000,000 sementara Google 309.000.000.

Namun pertarungan sebenarnya bagi saya sebenarnya hanya di halaman hasil pencarian pertama yang berisi 10 halaman web, dan paling jauh di halaman kedua. Jadi apalah artinya data yang segudang tapi toh yang di deliver ke pelanggan hanya 20-an dari database yang ada. Untuk pencarian-pencarian sederhana, saya membuktikan bahwa hasil pencarian Bing sudah masuk kategori memadai. Artinya saya mendapatkan yang saya cari. Namun harus diakui kalau untuk pencarian kompleks dan rumit, dimana kita memerlukan banyak referensi dari banyak sumber. Kemudian kata kunci yang dicari juga tidak umum, atau menggunakan bahasa Indonesia atau mungkin bahasa lain yang juga tidak umum, Google jauh lebih unggul dari Bing.

Saya kembalikan ke anda sebagai pengguna sesuai kebutuhan anda sendiri. Bagi saya, kelebihan Bing yang selalu memberi surprise dan mampu menyejukkan mata saya adalah kelebihan yang jauh lebih penting. Jadi saya akan tetap menjadikan Bing sebagai "home page" saya setiap masuk ke Internet. Jika perlu pencarian kompleks atau tidak puas dengan Bing, dengan sangat mudah saya bisa mencari lagi ke Google melalui search engine bar di sudut atas browser saya. Yahoo? Sementara tidak saya pakai, 2 ini saja cukup...































5 comments:

Ibnu Khayath Farisanu said...

meskipun di hati saya si mbah google merupakan yang utama namun saya sependapat dengan pandangan tulisan ini. apalah arti database berjuta kalau hanya satu atau dua halaman saja yang digunakan.

salut untuk microsoft bing yang udah memberikan keunikan dari sebuah mesin pencari online.

entah bagaimana nasib si tante yahoo menghadapi pasar yang terus digerogoti ....

Bayu said...

menurut saya bing sangat bagus dan lebih cepat dalam pencarian gambar,

tapi kalau untuk search teks ya masih lebih lengkap dan akurat google deh

yahoo walaupun jadi homepage kalau mau search tetep aja mesti ketik google dulu :D

Anonymous said...

untuk koneksi yg lumayan cepet, menikmati bing dengan background wallpapernya sih ok, tapi kalo koneksinya lagi payah, wah gak deh.
Lagian bing gak dilengkapi auto suggestion baik di form search maupun di result nya, jadi gak tau kalo ejaan kata yg dipakai dalam mencari udah bener apa nggak.

Btw, hasil pencarian yg lebih banyak bukannya lebih bagus daripada yg lebih sedikit. Jangan dilihat dari cuma yg dilihat hanya halaman 1 dan 2 saja, tapi lihat probabilitas hasil pencarian yg kita inginkan. Secara logika, pasti lebih besar kemungkinan kita mendapatkan apa yg kita inginkan kalo hasil pencariannya banyak dibandingkan dengan hasil pencarian yg lebih sedikit.

Ayu Tri said...

wah saya setuju bgt ma postingan anda, setiap membuka search engine saya selalu menunggu gambar pa lagi nie yang akan dijadikan background. tapi untuk menampilkan informasi memang kurang hebat dibandingkan google dan yahoo..

tapi gud job lah bt microsoft untuk pembuatan search enginenya yang unik..

jasonbob said...

goyard wallet
yeezy shoes
balenciaga shoes
off white jordan 1
yeezys
longchamp outlet
kevin durant shoes
yeezy shoes
golden goose superstar
nike lebron shoes

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...