Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

02 May 2016

Netflix Diblokir Telkom

Saat ini layanan video on demand Netflix diblokir oleh Telkom. Artinya layanan tersebut tidak bisa diakses oleh pengguna di Indonesia yang menggunakan jalur Telkom. CEO Netflix sendiri telah menyindir Telkom yang melakukan pemblokiran tersebut. Pemblokiran ini dilakukan bukan oleh pemerintah Indonesia, tetapi oleh perusahaan (Telkom). Baca beritanya di Daily Pakistan. Alasan Telkom adalah karena Netflix mengandung konten yang bertentangan dengan aturan.

Netfliks adalah pesaing langsung dari layanan andalan Telkom, IndiHome. Layanan ini juga menyediakan video on demand walau hanya sedikit koleksi yang tersedia. Namun setelah Netflix masuk, Telkom melakukan kerjasama dengan perusahan yang menyediakan produk mirip yaitu iFlix, dan kemudian memblokir Netflix.

Secara peraturan, Telkom melakukan apa yang biasa dilakukan oleh perusahaan bisnis lain ketika usahanya terancam oleh pesaing yang lebih kuat. Namun, Telkom sedikit lupa bahwa dunia sudah berubah. Persaingan tidak bisa lagi diatur dan dikontrol, bahkan oleh para monopolis. Uber, Netflix, dll adalah contoh dimana pesaing bisa datang dari mana saja, bahkan masuk rumah kita tanpa permisi, melanggar aturan di rumah kita, dll.

Apakah harus dihadapi dengan hostile reception? Itu menandakan kita lemah. Hadapi dengan jurus dan pukulan berupa produk yang lebih baik, lebih inovatif dan sesuai kebutuhan pasar.

Catatan: Akses ke Netflix dari jalur Telkom tetap bisa dilakukan dengan bantuan VPN.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...