Search This Blog

Loading...

Hexatar - Make your own cartoon picture

26 November 2007

Tips Blogger: Membuat "Baca Selengkapnya..."

Dengan semakin banyaknya blogger, maka semakin banyak pertanyaan dari para pemilik blog untuk dapat mempercantik blognya masing-masing. Pertanyaan terbanyak dari pengguna Blogger.com adalah bagaimana memotong tampilan tulisan agar tidak muncul semuanya di halaman depan. Bayangkan saja, apabila tulisannya panjang, maka tampilan depan akan jadi sangat jelek karena seakan-akan hanya berisi satu tulisan saja. Di Wordpress, hal ini tersedia secara default. Aneh juga bahwa Blogger.com (milik raksasa Google ini) tidak memiliki fasilitas ini.

Dengan dipotong, maka tulisan di halaman muka akan hanya menampilkan 1-2 paragraf awal, selanjutnya muncul tulisan "Read more..." atau "Baca selengkapnya...". Mahasiswa saya banyak sekali yang menanyakan hal ini. Berikut saya sampaikan link tutorialnya dalam bahasa Indonesia. Silahkan klik "Read more..." dibawah ini :-)

Tutorial petunjuknya dibuat oleh Isnaini.com, salah satu blog Indonesia yang sangat banyak pengunjungnya. Dia juga adalah salah satu pionir "internet marketing" di Indonesia. Silahkan juga baca tulisan-tulisan ybs lainnya. Klik disini untuk belajar membuat "Read more...".

Saya peringatkan, bahwa petunjuk ini memerlukan ketelitian untuk mengikutinya, namun pada dasarnya tidak memerlukan keterampilan programming apapun. Ikuti petunjuknya secara seksama, backup dulu template anda.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...